TEMA NATAL TAHUN INI

Pagi ini saya bangun dengan terburu-buru berhubung jarum panjang jam dinding menunjukan tinggal 30menit lagi waktu kuliah. Cepat-cepat mandi,berpakaian dan bersiap untuk pertempuran hari ini di kampus tercinta. Eh setelah selesai, ternyata masih jam 5:40. Buset. Ya udah, mau bagaimana lagi..hehehe. Nah saya memutuskan tetap pergi ke kampus lebih pagi hari ini.  Dalam perjalanan saya merasa senang bisa melihat Solo yang masih hijau. Mata segar, pikiran segar.

OK OK OK… Berhubung natal sudah semakin dekat, tentunya kita punya harapan masing-masing kan.

Now,this is mine. Merayakan natal dengan sebuah tujuan tertentu lebih terasa berarti dibandingkan dengan hanya merayakannya sebagai perayaan agama tahunan. Tahun ini, apa yang ingin saya tuju? menghijaukan lagi Indonesia tercinta, hehehe.

Penebangan hutan di Kalimantan menghasilkan jumlah kayu yang lebih banyak dari hasil dari Afrika dan Amazon digabungkan-Lisa Curran. Padahal, Kalimantan saat ini menjadi harapan dunia sebagai paru-parunya. Bangga?? belum terlihat ada di dalam diri kita sebagai penduduk Indonesia. Setiap tahunnya kita menebang sekitar 700.000-850.000 hektar hutan di Indonesia dan 75% dari jumalah itu dilakukan secara ilegal. Jika tidak ada lagi hutan di bumi, penumpukan gas Karbondioksida di atmosfir kita akan membuat efek rumah kaca semakin membuat suhu di bumi makin tinggi, tidak mustahil jika akan mencapai 100-150 derajat Celcius. Belum lagi penggunaan bahan bakar fosil yang masih menjadi unggulan saat ini dengan emisi yang berpotensi besar menjadi gas rumah kaca. Setiap tahun pun penggunanya semakin banyak. Dengan keadaan seperti ini suhu bumi akan mencairkan es di kutub-kutub bumi sehingga permukaan air laut naik. Dampaknya bagi kita adalah rusaknya ekosistem mangrove, menyempitnya pulau-pulau yang kita tempati, meluasnya intrusi air laut karena kenaikan permukaan air laut. Atau yang akan paling terasa adalah saat kita sedang merayakan Ekaristi Malam Natal, gereja kita kebanjiran.

Green Christmas

Menjadikan momen natal tahun ini sebagai ajang penyadaran merupakan hal yang sungguh amat baik. Tentunya tulisan ini bukan yang pertama dan tulisan ini hanya catatan kecil dari yang sudah-sudah. Tetapi, tanpa tindakan nyata tidak akan menghasilkan apa-apa, bukan?. Nah apa yang akan saya lakukan? Hal yang sudah sangat sering terjadi adalah saat natal orang mengirimkan ucapan selamat kepada sanak keluarga dan kerabat sekalian melalui SMS. Dalam SMS saya nanti, saya akan menyisipkan betapa pentingnya menghijaukan bumi kita lagi dan mengajak menanam minimal satu bibit pohon tiap orang. Saya sendiri sudah menyiapkan bibit pohon yang akan saya tanam nanti.

Tuhan hampir lahir ke dunia. Saat Dia lahir nanti, apakah kita tega membiarkan Tuhan kita menghirup polutan sebagai nafas pertamanya? Tentunya Dia juga akan menyesal melihat titipanNya rusak di tangan kita(manusia; mahluk berakal budi). Kita dianugrahi bumi yang hijau dan indah pada mulanya, sudah sepantasnya kita menjaga dan mengembalikannya dalam keadaan seperti sedia kala. Amin.

Apa tema natalmu tahun ini?

ref: 1. http://world.mongabay.com/indonesian/borneo-hutan.html

2.http://world.mongabay.com/indonesian/pemerintah.html

Iklan

15 Tanggapan so far »

  1. 1

    joze said,

    pohon natalnya bagus,,,

    wishing thn ini, punya pohon natal sendiri, ato ranting natal bwt dpasang di rumah,,,,

    biar slalu mengingatkan hari-hariku kalo Jesus slalu bw damai dlm hatiQ…

    umphfff,,, pengeeeennnnn…..

  2. 3

    yuSaku said,

    bagus…..2x

    NaTaL dah semakin deket neh bro…

    memang kita harus menghargai alam karena alam adalah titipan tuhan…

    kita hidup karena ada alam …

    jika alam mati atau rusak kitapun pasti akan kena dampaknya..

    hargai aLam…

    Go GrEEn Boys…. 😀

  3. 6

    aji kikuta said,

    Hai bung alfa…cuma mampir saja hohoho 🙂
    tulisannya bagus… merry x’mas ya…

  4. 9

    tanobato said,

    Aku sangat setuju dengan tulisan ini. Minggu lalu saat memasang pohon Natal plastik di gereja aku merasa kurang nyaman tatkala kawan di sebelahku masih merindukan untuk memasang pohon cemara yang asli di gereja … Teganya, teganya …

  5. 10

    Shanen said,

    Iaa stuju,dngan mnjga lngkungan kta jga dpt mwjudkan persiapan kta dlam mnantikan khadiran Tuhan,smoga ntal thun ini dpt mmbwa prubhan yg baik dlm hdup kta..gbu.

  6. 12

    Paulus said,

    Yup… bagiku sendiri natal adalah momen yang paling q tunggu2.. dari kecil.. karena
    natal identik dengan pohon pinus,santaclaus,putih salju, kebahagiaan, canda tawa dengan keluarga.. pokoknya yang seneng2…
    untuk tahun ini.. ehmmm arti natal buatku… ehmmmm masi ingin untuk terlahir kembali.. ingin mengevaluasi diri kembali… mengatur diri kembali, agr menjadi jiwa2 baru. inget cita2 kita.. ib=ngat tujuan2 hidup kita. agar jalan2 yang melenceng selama 1 tahun lalu.. kita kembalikan ke arah semula….
    ohh.. ya udah pada ngaku dosa blum??? kl aq sendiri juga belum, rencana minggu ini..
    jgn lupa ea… ^^.. peace love n Happy happy christmas ^____^ v

  7. 13

    belum mengaku dosa nich..emang natal selalu membawa pencerahan, mengembalikan motivasi lagi. arti natal begitu penting bagi kita bukan? jika iya kita masih pengikut Kristus hehehe

  8. 14

    merry christmas bro and heppy nu year..
    sorii klo ucapannya telat..hiiii…
    selamat berlibuuur..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: