Terumbu Karang? Not My Business

Konsep Masa Depan Masyarakat Indonesia Akan Alamnya

Teman-teman tahu gambar apa di atas?? Yupz benar banget.. Indah?? So pazti. Indonesia adalah negara bahari yang kaya akan kekayaan alam laut lho. Bayangkan, bumi pertiwi ini adalah pusat persebaran terumbu karang terbanyak di seantero dunia…hehehe..kita pasti bangga. Kita memiliki 60.000Km2 atau Sekitar 15%-18% dari jumlah total terumbu karang dunia dan menyumbang 65% dari coral triangle. Di Papua terdapat jumlah species terumbu karang tertinggi di dunia. Betapa kayanya kita.

Hal ini wajar karena negara kita terletak di wilayah perairan tropis. Perairan tropis merupakan tempat perkembangbiakan  terumbu karang dengan suhu perairan hangat antara 22 derajat Celcius. Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem yang unik sebab sangat peka terhadap perubahan lingkungannya. Suhu perairan naik sekitar 1 derajad Celcius saja dapat mengakibatkan terumbu karang rusak, bleaching(pemutihan). Diambil satu saja maka akan merusak keseluruhan. Yang tidak adil adalah jika merusakan terumbu karang hanya butuh waktu sedetik, perlu ratusan tahun bagi terumbu karang untuk terbentuk secara utuh dan bagus seperti gambar di atas. Its not fair!!

Tanggapan masyarakat Indonesia terhadap kekayaan alamnya?

Perusakan terumbu karang dapat terjadi karena 2 hal. Oleh manusia dan oleh alam sendiri. Oleh manusia contohnya pemboman, peracunan, perburuan terumbu karang, dan penggunaan alat-alat yang tidak ramah lingkungan, limbah-limbah. Oleh alam misalnya tsunami, badai, dll. Dari kedua sebab diatas yang terbanyak jumlahnya karena ulah manusia. Di Indonesia, penangkapan ikan masih menggunakan cara-cara yang tidak ramah lingkungan. Pemboman dan peracuan masih sering terjadi. Memang hasil yang didapatkan banyak, tapi meninggalkan terumbu karang yang rusak. Mereka mungkin belum tahu manfaat Terumbu karang yang mereka rusak. Terumbu karang merupakan tempat penyedia makanan bagi sebagian besar biota laut dan mengurangi pemanasan global. Jika terumbu karang rusak, Persediaan makanan tentu berkurang dan jumlah ikan-ikan akan semakin sedikit, mati karena kekurangan makanan. Jumlah ikan berkurang maka akan berpengaruh pada hasil tangkapan nelayan. Nah lho, trus nanti siapa yang rugi?? Dari sini kita dapat melihat bagaimana masyarakat kita memahami alam dari konsep masa depan. Bagaimana menurut Anda?

Selamatkan Terumbu Karang, SEKARANG!!!

Iklan

8 Tanggapan so far »

  1. 1

    Ela said,

    Slamatkann trumbu karang,mulai dri skrang. . .0. .
    Spya mngurangi pmanazan global n gk cpat kiamat,hehehe 🙂

  2. 3

    buraqmanari said,

    terumbu karang… itulah sumber makanan buat Ikan dan makhluk laut lainnya, kesadaran utk menjaganya sangat kurang dimasyarakat nelayan kita, mungkin pemahaman tentang apa itu terumbu karang masih kurang, tanggung jawab dinas kelautan dan lingkungan hidup harus ditingkatkan lagi… nice post sob,….salam blogger

  3. 4

    hakimaza said,

    terumbu karang adalah bagian dari kita. merusaknya berarti merusak diri sendiri.
    kunjungan balik. trims

  4. 5

    buraqmanari: salute buat anda…
    hakimaza : salute buat anda juga
    mari selamatkan terumbu karang

  5. 6

    fauzikun said,

    paling seneng gan sayah klo nonton discovery chanel yang temanya ngeliput dunia laut, emang indah keliatannya.
    semoga aja Terumbu Karang di indonesia kagak hancur dan tetap terjaga

  6. 7

    terumbu karang adl rumah yang alami bg beberapa jenis ikan, klo sampe rusak(walopun di indo mmg daj rusak)pasti sangat mengancam keanekaragaman laut kita, jd sapa lagi y jaga klo bukan kita. jadi bener tu mas..
    Selamatkan Terumbu Karang, SEKARANG!!!

  7. 8

    rhudie1990 said,

    peliharalah terumbu karang


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: