Selamat Hari Ibu Untuk Ibu Pertiwi

“kulihat Ibu Pertiwi sedang bersusah hati…”

sepenggal syair lagu yang kita kenal dari kita kecil bukan? pernakah kita bertanya kenapa Ibu menangis? dalam beberapa tulisan teman-teman dikatakan adalah pantang membuat Ibu menangis. Apa yang terjadi gerangan? Momen hari ibu ini kita coba merefleksikan diri melihat perbuatan-perbuatan kita pada Ibu Pertiwi, terutama yang membuat Ibu menangis.

Ibu menangis melihat kita menjarah hutan di nusantara. Perusakan hutan di Indonesia memang turun dari 2,83 juta hektar per tahun menjadi 1,08 juta ha per tahun. Namun tetap saja 1,08 juta ha merupakan angka yang sangat besar. Bayangkan 1,08 JUTA ha. Penyebabnya antara lain karena

1. Sisi Ekonomi masyarakat Indonesia

Kepentingan ekonomi masih lebih dominan perannya dari pada pengembangan jangka panjang kepentingan pelestarian ekologi. Eksploitasi sumber daya alam sampai sekarang dirasakan cara yang paling mudah dan murah dalam mendapatkan uang. Pemahaman tentang dampak-dampak eksploitasi hutan secara berlebihan belum cukup diketahui.

2. Penegakan hukum yang lemah

Penegakan hukum untuk perusakan hutan di Indonesia secara umum hanya menyentuh orang-orang lapangan yang adalah orang upahan yang bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Sedangkan orang-orang yang mendanai dan pelaku dibalik itu tidak tersentuh.

3. Mentalitas masyarakat Indonesia

Pemahaman bahwa kita adalah manusia, satu-satunya mahluk yang berakal budi membuat kita menjadi superior di hadapan alam. Dalam posisi ini terkadang ada pemahaman salah yang secara tidak langsung memberiakn kita Ijin bahwa kita pantas menguasai dan mengeksploitasi hutan.

Ibu Pertiwi menangis melihat kita anak-anaknya bekelakuan seperti ini. Sadarilah itu.

Iklan

84 Tanggapan so far »

  1. 1

    Chesya Rindu said,

    kalau untuk ibu yang melahirkan kita, mana?

  2. 6

    septarius said,

    ..
    semoga saja hari esok lebih baek..
    teteup optimis..
    keadilan di ibu pertiwi ini harus di tegakkan..
    ..
    selamat hari ibu..
    buat ibu-ibu di seluruh bumi pertiwi..
    salam cihuy..
    πŸ™‚
    ..

  3. 8

    haris ahmad said,

    selamat hari ibu ^.^

  4. 9

    haris ahmad said,

    selamat hari ibu untuk semua

  5. 10

    Dangstars said,

    Selamat Hari Ibu
    Sayangnih gak bisa sungkem sama Ibu ini hari karena berbeda Pulau…
    I Love You,, Ema
    πŸ˜› πŸ˜›

  6. 12

    Dangstars said,

    Maaf Bos…
    Blog http://dadangsupriadi.wordpress.com
    Telah kembali diaktipkan sama WP πŸ˜›
    Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.. πŸ˜€

  7. 13

    Nitip ucapan untuk para ibu, sang malaikat bagi putera-puterinya dan juga suaminya.

    “Selamat hari ibu…”

    Trims Bro karena boleh nitip. Salam.

  8. 14

    masnur said,

    Negara ini memang banyak menggunakan kata ibu/induk sebagai simbol misalnya ibu pertiwi, ibu kota, ibu bumi, nomor induk, kantor induk dll. Sayangnya peran kata ibu/ induk sebagai pengayom dan pencipta kedamaian justru dilupakan sehingga negeri indah ini serasa kering kerontang.

  9. 15

    nia said,

    selamat hari Ibu ..

  10. 17

    kidungjingga said,

    ayo mas… kenapa disebut ibu pertiwi?
    heheh.. OOT ya…

    selamat hari ibu ya buat semua ibu..

  11. 18

    anny said,

    Walau ibu pertiwi sedang bersusah hati namun tak menyurutkan semangat para ibu tuk menjadikan putra putrinya menjadi manusia berguna

  12. 19

    fanz said,

    selamat hari ibuuuu πŸ™‚

  13. 21

    kawanlama95 said,

    selamat hari ibu juga ya, semoga kita mampu berbakti dengan baik. semoga

  14. 22

    hellgalicious said,

    Selamat Hari Ibu!!

  15. 23

    D riez said,

    siank sob…semuanya sudah menjadi tradisi anak-anak bangasa yg baik tetap baik dan yg tak baik juga susah untuk peduli *gak nyambung* :mrgreen:

    selamat hari Ibu buat Ur Mom ya πŸ˜€

  16. 27

    Otak miring said,

    begitulah ruang kehidupan semoga semua ada titik balik yg sesuai

    selamat hari Ibu buat Ibundamu

    salam kenal

  17. 28

    Banyak yang menyadari Ibu yang memberi manfaat bagi kehidupa anak-anaknya, namun banyak juga yang melupakan cara membalasnya πŸ˜₯

  18. 29

    cah ndeso said,

    Salam silaturahim dari Lereng Muria πŸ˜†
    Sambil mengucapkan Selamat Hari Ibu tapi ndak mudeng yang keberapa ini yah? πŸ™„

    Semoga Ibu-ibu di Indonesia masih semangat buat ngeBlog 😎

  19. 31

    badruz zaman said,

    refleksi momentum hari Ibu dari perspektif kritik sistem, bagus mas πŸ˜†
    salam.

  20. 32

    Iksa said,

    Selamat Hari Ibu ….

    (Solusinya apa Bung Alfaro?)

  21. 33

    Oh, ini ibunya Ibu Pertiwi ya… Tulisan yang bagus Sob…

  22. 35

    Erik said,

    Iya bro, banyak yang harus dibenahi agar ibu pertiwi tersenyum dan bangga dengan anak-anak bangsa

  23. 36

    Aap said,

    Selamat hari ibu buat semua !

  24. 37

    Hary4n4 said,

    Salam utk Ibu Bumi Pertiwi…
    Salam utk Ibu yg melahirkan kita..
    Salam utk Ibu yg mengukir Jiwaku…
    Salam hangat dan damai selalu…

  25. 39

    noem3d said,

    Selamat Hari Ibu Juga…Salam Hangat buat semua keluarga di Indonesia

  26. 40

    Ibu pertiwi menangis, air matanya menggelontor deras, menenggelamkan ladang dan rumah-rumah penduduk.

  27. 41

    iyoong said,

    Selamat Hari Ibu..

    Semoga Ibu Ibu lebih Mendidik Anak dengan Jalan yang Benar, Mengingat kondisi Zaman yang semakin eddan..

  28. 43

    Nyiel.Nada said,

    Kasian Ibu Pertiwi yah,,,,

    Uda tua,Bukannya dijaga,

    malah disakiti oleh anak-anak pertiwi-nya….hhe,

  29. 44

    titip salam tuk bundamu,kawan
    salam hangat selalu

  30. 45

    Puspita W said,

    Selamat hari ibu juga.

    Terima kasih kunjungannya.

  31. 47

    kishandono said,

    selalu berharap yang terbaik untuk negara ini..

  32. 48

    dedekusn said,

    Selamat hari Ibu…
    Do’a kita untuk ibu,
    Semoga membawa kebaikan untuk kita, untukbangsa ini

    Sukses & piss

  33. 50

    UmuKamilah said,

    selamat malam..
    selamat hari ibu… πŸ™‚
    semoga para ibu tetap bersemangat berjuang

  34. 51

    tulisan yang amat menyentuh dan mengharukan, mas. memang benar, sdh lama ibu pertiwi negeri ini menangis akibat menyaksikan ulah anak2nya yang sewenang2 merusakn lingkungan.

  35. 52

    fauzikun said,

    sembari jalan-jalan pagi nih, mu ngucapin Selamat Hari Ibu πŸ™‚

  36. 54

    ibu memang luar biasa ya …

  37. 55

    achoey said,

    selayaknya kita mencintai ibu pertiwi
    dengan menjadi bangsa yg baik

  38. 56

    tary bailah said,

    met hari ibu, hari ibu pertiwi juga, heheh
    maaf telah ngucapinnya πŸ™‚

  39. 58

    peri01 said,

    selamat pagi alfa
    selamat hari ibu πŸ™‚

  40. 59

    indra1082 said,

    SELAMAT HARI IBU
    JUST 4 MOM

  41. 60

    Sudah lama ibu Pertiwi menangis menahan derita dr tangan2 manusia, dengan penggundulan hutan ,pembakaran hutan, perusakan terumbu karang dgn seenaknya dan lain sebagainya.
    Lalu apa yg dapat kita perbuat ?
    paling tdk mulailah dr diri sendiri, dgn berusaha menghijaukan dgn menanam pohon di halaman rumah sendiri, meggunakan air dgn bijak.
    Selamat Hari Ibu utk semua ibu di negeri ini.
    salam.

  42. 62

    shekhotz said,

    wah…selamat hari ibu yach… πŸ˜€

    topik yang satu ini bener-bener berbeda…..ulasan mengenai ibu pertiwi..
    begitulah manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki…dengan melakukan perusakan hutan sama saja merusak alam sekitarnya….karena tanpa alam bagaimana jadinya bumi ini….akan sangat gersang tentunya…marilah sama-sama kita belajar untuk lebih menghargai alam…agar tetap asri dan menyejukkan.. πŸ˜€

  43. 63

    shekhotz said,

    oh yach…linknya sudah terpasang yach …. semoga tali silaturahmi tetap terjaga… :mrgreen:

  44. 64

    udienroy said,

    Kasih sayang ibu sepanjang masa. Selamat hari ibu. Selamat menyambut tahun baru 2010 semoga di tahun
    Mendatang kita tetap di beri kesejahteraan

  45. 66

    ninneta said,

    selamat hari ibu ya…

  46. 67

    bintangtimur said,

    Selalu prihatin melihat atau mendengar tentang pembalakan liar.
    Kumpulan pohon yang perlu waktu berbelas bahkan berpuluh tahun agar menjelman menjadi hutan, akhirnya musnah dalam hitungan hari atau jam…
    Buat pembalak liar, semoga keserakahan itu segera hilang…!

  47. 69

    erensdh said,

    Ibu nangis, mungkin melihat sang bapak nikah lagi, itu lho, yang aku lihat di tetangga!

  48. 70

    harumhutan said,

    selamat hari ibu..
    and save our forest..! 9o 9reen..

  49. 71

    omiyan said,

    Ibu adalah segalanya dalams etiap kehidupan

  50. 74

    isdiyanto said,

    selamat hari ibu….

  51. 76

    Hairullah said,

    Ibu adalah lambang dari indonesia yang samar.. Karena Ibu hanya di temukan di lagu “Ibu Pertiwi” Sendiri…. Ibunda pertiwi di lagu itu menggambarkan kesedihan ibu yang amat dalam. -…. Karena ulah kita, tapi sekarang saatnya kita sadar, dan membuat Ibu pertiwi bahagia. Seperti kita membahagiakan ibu kita sendiri..

    Selamat Hari natal, Dan tahun baru…
    Walaupun Hari ibu sudah lewat.. Tetaplah membuat ibu yang kita cintai berbahagia selamanya..

  52. 77

    buwel said,

    Selamat Hari Ibu Untuk Ibu Pertiwi Ya….Salam kenal kembali….makasih….

  53. 79

    Hairullah said,

    jangan mos dang pak.. masih 15 th.. hehe nanti cepet tua lagi .. :O

  54. 80

    Fiya said,

    meski telat

    met hariii ibuuuu

    untuk semua ibu dan untuk ibu pertiwi..

    ^_^

  55. 81

    yemima grace said,

    Alwayzz luph moTher in eperyy timee…

  56. 82

    niQue said,

    Terima kasih sudah mengingatkan.

    Hampir terlupa pada Ibu Pertiwi, saking kebanyakan yg ngucapin hanya kepada Ibu kandung πŸ˜€ emang kudu bin wajib siy ya hehehe

    Selamat Hari Ibu untuk Ibu Pertiwi, semoga tak terus bersusah hati πŸ™‚

  57. 83

    bidan desa said,

    kunjungan balik mas….

    jabat erat selalu

  58. 84

    rhudie1990 said,

    Ibu adalah wanita yang paling aku sayangi…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: