Efek Pemanasan Global Terhadap Ekosistem Terumbu Karang (bag. I)

Beberapa dari kita tentu belum tau apa pengaruh efek pemanasan global yang sekarang sedang terjadi terhadap ekosistem terumbu karang. Nah, di sini kita bisa membahasnya sedikit. Yang pertama adalah mengenal ekosistem terumbu karang.

Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan sebuah ekosistem yang berada di laut dangkal tropis, seperti pada negara kita Indonesia yang terletak pada paparan benua dan memiliki gugusan pulau-pulau.ย  Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan terumbu karang antara lain perairan yang jernih, suhu perairan yang hangat, perairan yang memiliki sirkulasi air yang lancar, dan terhindar dari proses sedimentasi. Dalam pertumbuhannya, terumbu karang bersimbiosis mutualisme dengan alga simbiotik yang hidup dalam jaringannya. Alga simbiotik ini menggunakan terumbu karang sebagai tempat perkembangbiakannya dan mengambil senyawa inorganik seperti nitrat, fosfat, dan karbondioksida dari terumbu karang. Terumbu karang mengambil oksigen dan senyawa organik hasil fotosintesis alga.

Terumbu

Ekosistem yang terdapat pada terumbu karang menghasilkan sedimentasi kalsiumkarbonat. Sedimentasi kalsiumkarbonat ini membentuk batuan sedimen kapur yang disebut terumbu.

Karang

Karang disini sebenarnya adalah koral yang adalah sekelompok hewan dari ordo Scleractinia yang menghasilkan kapur sebagai pembentuk utama terumbu.

Alga

Alga merupakan salah satu biota laut yang hidup di terumbu karang. Fotosintesis yang dilakukan alga menyebabkan bertambahnya produksi kalsiumkarbonat. Proses fotosintesis ini membuat karang pembentuk terumbu. Terumbu karang yang memiliki alga pada ekosistemnya memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari terumbu karang yang tidak memiliki alga simbiotik ini.

(Berbagai Sumber)

Iklan

133 Tanggapan so far »

  1. 1

    alamendah said,

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

  2. 4

    alamendah said,

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Indonesia adalah negara yang amat kaya dengan terumbu karang. Raja Ampat, Bunaken…

  3. 5

    alamendah said,

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Terumbu karang Indonesia juga memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 2.500 jenis ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan. Sejauh ini telah tercatat lebih dari 750 jenis karang yang termasuk kedalam 75 marga terdapat di Indonesia.

  4. 6

    alamendah said,

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Terumbu karang Indonesia juga termasuk dalam wilayah segitiga karang dunia (coral triangel) yang merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia. Segitiga karang meliputi Indonesia, Philipina, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea dan Kepulauan Salomon. Total luas terumbu karang di coral triangle sekitar 75.000 Km2.

  5. 7

    alamendah said,

    (maaf) izin mengamankan KELIMAAAXXZ dulu. Boleh kan?!

  6. 10

    si Gen said,

    izin mengamankan yang belum diamankan Mas Alamendah..!

  7. 11

    si Gen said,

    Kebetlan saya ada di daerah Pantai PANGANDARAN, saya juga merasakannya. Terumbu karang di sini sdah tidak sebagus dlu lagi waktu saya masih bocah…!

  8. 12

    si Gen said,

    Perlu ada penanganan serius ini..!

  9. 13

    si Gen said,

    Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah..!

  10. 14

    si Gen said,

    Tapi caranya gimana Gan..?
    bo, ya dikasih tahu gitu, loh..! :mrgreen:

  11. 16

    budisan68 said,

    kok banyak-banyak-an komeng ntar terumbu karangnya gak bisa berkembang, gimana?

  12. 17

    Kakaakin said,

    Sayang banget ya, kalo terumbu karangnya berkurang.
    saya belum pernah lihat juga… ๐Ÿ™‚

  13. 19

    Saya baru tahu dampak dari pemanasan global terhadap ekosistem terumbu karang. . Thanks info nya, Mulai dari skearang mrilah kita jaga bumi kita, demi kelangsungan hidup anak cucu kita nantinya..

  14. 20

    Ini akibat tangan serakah manusia yang hanya memikirkan isi perutnya sendiri tanpa melihat akibat yang telah ia lakukan

  15. 22

    KangBoed said,

    ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    RAIHLAH โ€œJATI DIRI MANUSIAโ€.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang โ€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  16. 23

    semoga masih bisa diselamatkan

  17. 25

    Ooooo… masih bagian pertama toh.

  18. 26

    Berarti bagian 2 nya cara-cara menanggulanginya ya/??
    Mudah-mudahan kita tetap bisa menjaga alam kita ini….

  19. 28

    liudin said,

    “saya mengajak semua teman-teman blogger untuk saling membangun dengan tidak memberikan komentar spam”

    terumbu karang itu apa bisa dikatakan makluk hidup?
    buat dampak-dampak atau fungsinya terhadap ekosistem apaan mas?
    mungkin mesti bersabar untuk menantikan postingan selanjutnya.
    selamat pagi dan salam persahabatan.

  20. 29

    Nanang said,

    Saya seneng kalau ada blogger yang peduli sama alam sekitar. slm kenal.

  21. 31

    arkasala said,

    artikel yang memberi pengetahuanpada saya dilengkapi dengan komentarnya kang alamendah semakin kaya dan memberikan pencerahan buat saya tentang terumbu karang ini. Terima kasih Mas.
    Salam hangat selalu ๐Ÿ™‚

  22. 32

    arsumba said,

    selamat pagi..
    jadi tambah pengetahuan nih tentang terumbu karang.
    ternyata ada efeknya juga ya pemanasan global terhadap kehidupan terumbu karang. setahu saya selama ini rusaknya terumbu karang karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab.
    makasih infonya gan..
    salam hangat,

  23. 34

    Agus Purwoko said,

    Absen dulu ah! Selamat pagi walau telat tdk apa to?

  24. 35

    and1k said,

    ternyata efek rumah kaca tidak hanya pada bioma darat saja ya tapi bioma laut juga kena imbasnya juga

  25. 37

    Mamah Aline said,

    saya masih bisa liat terumbu karang di pantai bayah, banten 3 tahunan yang lalu entah sekarang masih ada atau tidak ternyata efek pemanasan global juga memberi pengaruh ya

  26. 38

    dasir said,

    Aku baru sekali lihat terumbu karang, th 2007 yg lalu saat piknik ke ujung kulon.
    Tp syg g ktmu badak dsana.
    Salam

  27. 40

    Abid Famasya said,

    ada isu juga kalo data pemanasan global tu direkayasa.. who know

    BTW, emang bahaya nih global warming

  28. 41

    Den Hanafi said,

    Terumbu karang negara kita kebanyakan sudah ancur2n… mudah2n yang masih bagus, masih bisa diselamatkan.

  29. 43

    risa said,

    makash y chayangku,udh bntu sebarn infrmsi ttg pentingnya trmbu krang n sadarn k org2 lain yg lum tau kl skrg tu trmbu karang kta yg indah trancam kberadaanx. SELAMATKAN TERUMBU KARANG SEKARANG! ๐Ÿ™‚

  30. 45

    ImUmPh said,

    Untuk menyelamatkan terumbu karang kayaknya perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama Pemerintah dan Nelayan. Nelayan sebaiknya jangan menggunakan bom ato bahan2 berbahaya lainnya untuk menangkap ikan, karena bisa merusak biota kehidupan mahluk2 laut.

  31. 46

    KangBoed said,

    PEMANASAN GLOBAL.. dampaknya dahsyat tapi manusia kok pada nggajk perduli

  32. 48

    eh trumbu karang ya jadi inget iklan nya,,

    pengen lhoo bisa diving biar bisa pgang trumbu2 yang didasar

  33. 49

    wah… bahagia sekali kita semua masih peduli…
    walau secara action belum terlaksana, memiliki kesadaranpun sudah bagus…

  34. 51

    iLLa said,

    sayah blom pernah liat wujud aslinya terumbu karang *soalnya ga tau berenang*, huhuhuhh…
    ditunggu kelanjutan pembahasannya, semoga bisa bermanfaat untuk semua ๐Ÿ™‚

  35. 52

    anyin said,

    padahal mereka kan cantik banget yaaa ๐Ÿ˜ฆ

  36. 53

    darahbiroe said,

    stop global warming

    berkunjung n mohon dikunjungi baliik makasihhhh

  37. 54

    alisnaik said,

    selamat pagi

    orang gunung kayak saya bisa ngebantu apa ya buat nyelametin terumbu karang ?? ๐Ÿ˜•

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  38. 55

    Dangstars said,

    Ditunggu lanjutan nya Gan !

  39. 56

    semoga terumbu karang dapat terselamatkan, agar kehidupan biota laut tetap berlangsung sebagaimana mestinya.
    salam.

  40. 57

    andipeace said,

    hehehe ๐Ÿ˜€ saya nggak bisa berenng bro ๐Ÿ˜€

    salam peace dari cah lapindo

  41. 58

    zipoer7 said,

    Salam Takzim
    Mengunjungi dan mengucapkan Selamat berkarya wahai sahabat
    Salam Takzim Batavusqu

  42. 59

    udienroy said,

    Hmm baca-baca posting ini bikin jadi tambah pengetahuan tentang terumbu karang. Terimakasih mas dah mau berbagi ilmu IPA hehe salam hormat

  43. 60

    suwung said,

    iya banyak pantai banyak laut bisa njaga ngak ya kita?

  44. 61

    edratna said,

    Jelas ada pengarhnya efek pemanasan global terhadap keberdaan terumu karang, justru itu yang harus disadari oleh kita semua

  45. 62

    sauskecap said,

    Lalu efek pemanasan globalnya apa yah? Kok saya baca ga nemu2

  46. 64

    vany said,

    mari kita bersama-sama melindungi terumbu karang yg ada di Indonesia dari efek global warming ๐Ÿ˜€

  47. 65

    elfaridi said,

    nice info sob………. mantap blog-mu banyak bangt yang komentar ya =))

  48. 66

    saya pernah lihat pameran ikan hias laut… indah, subhanallah.. sempat terpikir, gimana mereka mendapatkannya, ya? kelestariannya gimana, ya? jadi ngeri kalo istilah di hutan pembalakan, di laut apakah ada yang seperti itu?

  49. 67

    deq said,

    Uho .. Uho ..
    Emang katanya kehidupan laut, terutama terumbu + karang rentan thd perubahan ..
    Jd harus dilindungi

  50. 68

    yos said,

    baca bloag ini dari theme sama isinya jadi inget mas alamendah, hehehehehe

  51. 69

    heheh…post yg baik
    salam hangat dari blue

    p cabar

  52. 70

    H.Indra said,

    Bagaimana pun ekosistem harus dijaga,biar alam tetap menjadi sahabat manusia.

  53. 71

    kenuzi50 said,

    selamatkan terumbu karang…

  54. 72

    dameydra said,

    semoga alam kita bisa tetep lestari ,… termasuk terumbu karang,…

  55. 74

    pohon said,

    wah bersambung.. oh iya, masih bagian yg pertama..
    jangan lama2 ya sambungannya sob.. hehe.. penasaran neh..

  56. 75

    wibisono said,

    kondisi terumbu karang saat ini mengkhawatirkan padahal terumbu itu merupakan rumah bagi ikan-ikan terutama ikan kecil dan anak ikan,, akibatnya jika ikan kecil mati berpengaruh terhadap rantai makanan,, akhirnya kembali lagi ke manusia,,

    ๐Ÿ˜€

  57. 76

    anny said,

    Terumbu karang, akrab ditelinga namun blm pernah lihat sosoknya ๐Ÿ˜€

  58. 77

    blumis said,

    “Fotosintesis yang dilakukan alga menyebabkan bertambahnya produksi kalsiumkarbonat” co2+h20=c6h1206+o2 (dengan bantuan SM). Jadi terimakasih info barunya…

  59. 78

    ajikinai said,

    Hm, efeknya apa nih..belum ya? Di bagian 2 ya? Ditunggu bagian 2 nya… :mrgreen:

  60. 79

    Dinoe said,

    Besar sekali efek pemanasan global itu ya kang..sampai ke dasar laut pun terimbas efeknya…

  61. 80

    Ipin said,

    mengamankan yang terakhir nih sobb hehehe, yang koment banyak bener cing..1 orang bisa 5 koment..ahahhaha*peace*
    dampak pemanasan global berpengaruh juga yah deengan ekosistem laut khususnnya trumbnu karang..terus kira2 bagaimana solusinya nih…??hayooo sobat2 cari solusinya …..

  62. 81

    whyu said,

    info yang mantab.. mari kita jaga laut kita.. ๐Ÿ™‚

  63. 82

    Makanya kita harus berhati-hati ya mas, untuk tidak ikutan menambah efek pemanasan global ini. Salam kenal dari pendatang baru ni mas di Semarang.

  64. 83

    Teguh Aditya said,

    mari kita lestarikan lingkungan..

  65. 84

    Mr.o2nยฐ said,

    Kok bisa ya kena efek padahal dalam air.

  66. 85

    seberapa banyak kah manusia yang sadar akan hal ini ? dan apa yang dia lakuin?

  67. 86

    marsudiyanto said,

    Ngeri dengan efek pemanasan global…

  68. 87

    M Mursyid PW said,

    Global warming memang harus kita sikapi dengan bijaksana.

  69. 88

    dan said,

    wah, saya jadi malu, padahal saya dari ilmu kelautan, tapi belum pernah posting tentang laut, semoga suatu saat bisa dan bermanfaat..

  70. 89

    Sari said,

    Dimana-mana, yang namanya pemanasan global bikin bencana. Yuks banyak2 nanam pohon ๐Ÿ˜€

  71. 90

    arrew said,

    Ayo lestarikan.He

  72. 91

    Yui said,

    kalo bukan kita yang melestarikan, siapa lagi…

  73. 92

    elmoudy said,

    ternyata pemanasan global mengancam makhluk di dalam air juga yaa
    apalagi yang ada di atas air… bisa makin cepet rusak..
    harus waspada siang malam

  74. 93

    mandor tempe said,

    Dengan ikut menanam terumbu karang setidaknya itu salah astu usaha untuk melestarikanlaut kita. Tidak hanya pasrah dengan perubahan iklim yang terjadi.

  75. 94

    bayu putra said,

    semoga pemanasan global bisa dikurangi…

  76. 95

    udienroy said,

    Berkunjung lagi mas.Lagi ingin mampir.Maaf saya tidak bawa Oleh-oleh. cuma ini saja komentar silaturahmi. mohon di terimadengan lapang dada hehe salam adem ayem deh murah sandang pangan. Selamat dunia akhirat

  77. 96

    mathusen said,

    terumbu karang itu banyak manfaatnya…

    salah satunya tempat hidup ikan2…

    wah jadi pengen ke bunaken… ๐Ÿ˜€

  78. 97

    iya tuh.. pemanasan global emang sebuah fenomena yg harus disikapi.. menyangkut kelangsungan peradaban umat manusia.. salut deh buat postingnya.. ^^ keep’in writing yah.. ^^

  79. 98

    bayu putra said,

    PEDULI TERHADAP ALAM SEKITAR KITA SEJAK DINI…HEEEE

  80. 99

    bayuputra said,

    PERDULI TERHADAP MASA DEPAN HIDUP ANAK CUCU KITA….

  81. 100

    etha said,

    pemanasan global merusak segalanya deh …

  82. 101

    ADITYA said,

    Yang aq sesalkan adalah terumbu karang…bukan karena apa…tapi banyak sekali makhluk2 kecil di situ…yang terpaksa harus kehilangan tempat tinggal karena ulah manusia……..

  83. 102

    tyan's said,

    dukung terus penghijauan…,
    agar bumi ini bisa kembali hijau…,

  84. 103

    KutuBacaBuku said,

    wahhh, kali ini tentang linkungan hidup yah mas … koq berhubung theme-nya gini, jadi seperti penerus Mas Alamendah, hee. Smangat terus demi kehidupan yg lebih baik !

  85. 104

    kishandono said,

    terumbu karang habis, ikan-ikan jadi punah

  86. 105

    mubaroki said,

    hai… hai… mas…
    blog walking…

    mas tukeran link dgn blogq yg baru yach…
    mubaroki (dot) com
    linknya blog ini dah q pasang koq…

  87. 106

    chiekebvo said,

    sayankx indonesia baru menyadari akan kekayannya sekarang…hmpphh…
    *tapi g ada kata terlambat buat menyelamatkan bumi kita* ๐Ÿ™‚

  88. 107

    hanif IM said,

    kalau gak ada terumbu, cari ikan dimana? ikan kan hidupnya di sekitar terumbu, wah…

  89. 108

    asep93boy said,

    Weyz tulisannya keren banget salam kenal ya

  90. 109

    djanuar said,

    kapan ya bisa lepas dari efeknya????

  91. 110

    edda said,

    apdet dunk gan ๐Ÿ˜€

  92. 111

    Hary4n4 said,

    Dampaknya bisa jadi akan kemana-mana, tak hanya terumbu karang saja yaa…
    Ach..sayang banget jika kekayaan alam ini harus rusak, hanya gara2 ulah serakah dan seenaknya dari manusia..

  93. 112

    didtav said,

    blog nya bagus, salam kenal (_ _)

  94. 113

    Lestarikan terumbu karang jika kita menginginkan kebaikan….

  95. 114

    Abdi Jaya said,

    terima kasih infonya, saya baru tau kalau karang itu sekelompok hewan ๐Ÿ™‚

  96. 115

    munir ardi said,

    isin mengamankan yang keseratus dan membaca artikel yang begitu bagus betul-betul peduli alam

  97. 116

    munir ardi said,

    dan 101 selamat sore dan salam takzim selalu

  98. 117

    hanif said,

    Jadi ingat pelajaran biologi kalau ngomongin Alga

  99. 118

    ian said,

    ayo selamatkan bumi!!!

  100. 119

    jadi dampak finalnya, Terumbu karangnya bisa mati?

  101. 120

    wahyu said,

    wah saya baru tau nih, parah jg ternyata ya..

  102. 121

    yasmin said,

    memenuhi janji berkunjung nih, hehe

    dampak global warming itu ternyata sangat besar ya. bukan cuma buat daratan dan udara, tapi juga buat laut.
    STOP GLOBAL WARMING FROM NOW BEFORE LATE!
    jaga bumi kita, daratan & lautan. agar anak cucu kita kelak masih bisa menikmatinya

  103. 122

    mas alamendah memang selalu pertamaxxxxxxxxxxxx

  104. 123

    leviathan said,

    gag nyangka ternyata 2 bagian……..

  105. 124

    rhudie1990 said,

    teruskan perjuangan nya

  106. 125

    serem juga kalo pemanasan global semakin meningkat. ๐Ÿ˜ฆ

  107. 126

    jangan sampai meluas ini pemanasan global. ๐Ÿ˜ฆ

    salam kenal ya kk.
    kalo tidak keberatan yuk kita tukeran link. ๐Ÿ™‚
    ditunggu kabar baiknya ya ๐Ÿ™‚

  108. 127

    ternyata pemanasan global bisa membuat terumbu karang rusak ya?? tapi kok manusia pada gkk peduli??

  109. 128

    zodiak said,

    sangat bagus nih artikel tentang pemanasan global dan efeknya. ijin copas ya gan

  110. 129

    ayooo semuanya selamatrkan terumbu karang,,,

  111. 130

    fikrias said,

    wah thank artikel nya sob, kunjungi balik blog ane yh http://www.mbahgahol.blogspot.com
    follow aja nnti saya follow balik blog ente
    blog ane juga lagi ada pemasangan iklan gratis 125×125

  112. 131

    terimakasih informasinya, semoga makin sukses

  113. 132

    Jasa seo said,

    yang seperti ini harus di benahi untuk kelangsungan dan kelestarian di laut

  114. 133

    Kita sebagai mahluk hidup harus saling membantu untuk melastarikan namun kadang justru kita yang merusak.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: