Konferensi Perubahan Iklim Internasional; Bagaimana Dengan Indonesia

Dunia berambisi menargetkan akan menahan kenaikan suhu global tidak melebihi 2 derajat Celcius. Hanya ini tidak bisa hanya bergantung dari peran negara Annex I (negara-negara industri) saja. Perlu kontribusi negara-negara berkembang juga sebagai satu kesatuan. Bagaimana dengan peran Indonesia, negara kita.

Hasil yang dibawa pulang untuk Indonesia dari Konverensi Internasional ini adalah diterimanya metodologi skema REDD (pengurangan emisi dari Deforestasi dan Degradasi lahan). Artinya dunia internasional mempercayai Indonesia dalam menanggulangi masalah pembalakan hutan di negara kita ini.

Akhir September lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan bahwa Indonesia akan mengurangi emisi 26% dari kondisi tanpa usaha pengurangan emisi pada tahun 2020. Sedangkan Jepang yang kita kenal sebagai negara berteknologi maju hanya menargetkan 25% dibawah level 1990 pada tahun 2020.

Untuk mewujudkan cita-cita Presiden di atas beberapa hal berikut ini sangat diperlukan.

1. Teknologi tinggi sebagai upaya mitigasi. Bagi negara berkembang lebih banyak didorong ke arah langkah adaptasi, yaitu mengatasi dampak langsungnya.

2. Perlu “kesepakatan nasional” yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

3. Menata birokrasi yang sering tumpang tindih atau saling berbenturan kepentingan.

4. Implementasi hukum dan perundang-undangan diperkuat lagi.

5. Berani beraksi di lapangan karena sudah dapat dipastikan akan ada banyak konflik yang menanti.

Bagaimana realita yang kita hadapi sekarang

1. Persoalan di sektor kehutanan justru banyak muncul dari praktik korporasi yang seenaknya melanggar ketentuan. Banyak kasus pembalakan liar yang setelah ditelusuri bermuara pada korporasi-korporasi raksasa yang notabene memiliki uang dan tentunya “berkuasa”.

2. Saat Presiden mengumumkan pengurangan emisi 26% di atas, Departemen Kehutanan mengeluarkan 30 izin yang berhak menguras kayu di daerah Riau.

3. Terdapat ratusan konflik antara masyarakat lokal dengan pihak korporasi penguasa hutan, terutama di Kalimantan dan Papua.

4. Tumpang tindi dan amat beragamnya data di berbagai sektor. Ketidakpastian dan ketidakakuratan data mengakibatkan kurang akuratnya penyelesaian masalah.

Sumber: kompas 23 Desember 2009.

Jika pembaca yang terhormat ingin memberikan komentar, cobalah mengisi komentar Anda dengan menjawab pertanyaan “Apa yang dapat Anda Lakukan Untuk Mendukung Target Pengurangan Emisi Indonesia?”

Iklan

148 Tanggapan so far »

  1. 1

    Ruang Hati said,

    prihatin dengan kondisi perubahan iklim yang disebabkan oleh semakin rusaknya ekologi dan keseimbangan alam semesta ini

  2. 5

    risa said,

    ajak sbanyak mgkin org tk kurangi dn bhenti rokok,hehe.
    Asap rokok jg menymbg lho..^_^

  3. 8

    zipoer7 said,

    Salam Takzim
    Ikut prihatin juga sih, mangkanya banyak pecinta alam untuk berkumpul menyuarakan dampak alam terhadap iklim
    Kalalu saya kembali bersepeda untuk menjaga negeri
    Salam Takzim Batavusqu

  4. 9

    bri said,

    ho oh^^
    iklim dinegara kita emang slalu berubah ubah
    mestinya kan udh penghujan desember πŸ™‚
    efek global warming neh..ahahay^^
    bri support go green masbro
    smile πŸ™‚

    • 10

      zipoer7 : mantap sekali aksinya Pak. Menghemat energi BBM akan mengurangi kadar CO2
      Mas Bri : iya ini karena global warming…sebagai generasi muda mari kita pikul tanggungjawab ini

      • 11

        bri said,

        salam pagii mas bro met pagii^^
        met aktifitas eaa
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
        __support go green^^__

  5. 12

    thepenks said,

    mempertahankan hutan jadi tujuannya…tapi, pembalakan liar masih merajalela di sejumlah daerah yang ditunjuk sebagai “paru-paru”.. memang harus diberantas dari akar, sampai atas..

  6. 13

    blue benci buat yg membakar hutan
    salam hangat selalu

    • 14

      mas thepenks : siiiip mas…dukung terus..tunjukan aksimu hehehe
      blue : saya pun tidak suka dengan pembakaran hutan karena meningkatkan kadar co2 di atmosfir. lagi pula mengurangi kekayaan hutan indonesia tercinta

  7. 15

    Dadang S said,

    Hanya iklim harapan kita sebagai mahluk hidup
    πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜›

  8. 16

    Dadang S said,

    Kunjungan malam sambil meronda
    Jumpai sobat semoga dalam keadaan sehat

  9. 17

    dasir said,

    Dukung pengurangan emisi tp tak mengurangi komisi. Salam, makash ya knjgn dan kmntrnya.

  10. 19

    aldy said,

    Banyak yang bisa kita lakukan secara pribadi untuk mengurangi emisi walaupun dampaknya sangat kecil, tetapi kita mulai dengan diri kita sendiri.
    Saya sampai dengan saat ini tidak menggunakan AC dirumah, rumah menjadi sejuk karena saya tanami dengan tumbuhan yang bermanfaat.

  11. 20

    tyan's said,

    semoga akan berdampak besar bagi indonesia…,
    oh ya linknya sudah tak pasang mas….,

  12. 22

    NURA said,

    salam sobat
    saya ,,mendukung anti rokok, anti penebangan hutan, anti narkoba, anti korupsi dll
    yang bikin kerusakan di negara kita.
    itu target pengurangan emisi INDONESIA…bukan?

  13. 23

    dan ----[&] said,

    Mungkin saya bisa menasehati diri ini dan yang lainnya melalui blog ini untuk:
    Tidak membakar hutan, Tidak membakar sampah seenaknya, tidak berkendaran bermotor kalau tidak penting, tidak membakar ban bekas ataupun yang lainnya sekalipun demo, kalau perlu malah tidak usah demo, tidak membakar listrik, maksudnya tidak boros listrik, tidak membakar rokok, maksudnya tidak merokok, tidak membakar petasan atau kembang api, walaupun hari raya atau tahun baru, tidak membakar bom atau terorisme, tidak membakar emosi apalagi emosi massa.

    Tapi kalau ini boleh: Bakar semangat tuk kebaikan ! maksudnya kobarkan SEMANGAAAT ! tapi juga jangan asal semangat.. harus dilandasi ilmu dan kebijaksanaan juga.

  14. 26

    Hary4n4 said,

    Semoga kita semua diberi kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan serta kelestarian alam ini.. Ini kan juga nantinya utk anak cucu kita kelak..iya kan..? πŸ˜€

    Salam hangat, salam damai selalu….

  15. 27

    embun777 said,

    Keseimbangan..
    kelestarian alam dan lingkungan hidup..
    menjadikan sungai bening kembali….

    semoga musim tak lagi membingungkan
    terutama para petani..

    Go Green..!

  16. 29

    alamendah said,

    Mari buat bumi layak untuk kita huni.

  17. 30

    racheedus said,

    One world, one earth. Save world, save earth.

  18. 32

    Bhamz said,

    Hutan kita sudah hancur Mas! Abis di tebang unt bahan baku konsumsi negara2 maju itu…
    Tks kunjungannya ke blog sy.
    Salam kenal,

  19. 33

    arkasala said,

    urun rembuk dari kita sendiri betul-betul dirasakan dalam perubahan iklim ini. Contoh sedeng saja membuat rumah dan kantor nyaman dengan beragam tanaman sudah lumayan. Sumbangsih dengan memperhatikan kendaraan sendiri untuk ikut berperan sudah jadi sumbangan kedua. Banyak yang bisa dilakukan namun pelaksanaannya yang sulit. Semoga saja dengan kampanye go green bisa banyak yang tersadarkan.
    Salam

  20. 34

    anny said,

    Mari kita lakukan hal kecil yang bisa berdampak besar buat alam ini, tanam satu pohon dirumah, kurangi sampah plastik dan hemat listrik πŸ™‚
    Daur ulang kita galakkan

  21. 36

    nohara11 said,

    setuju…kita jadikan bumi dingin, hijau dan sejuk

  22. 37

    achoey said,

    yuk, kita cintai alam
    lestari alam kita
    lestari cinta kita

  23. 38

    Irfan said,

    sering-sering naik sepeda! (nyambung gak ya!?)
    sering-sering berdo’a semoga bumi yang udah tua ini gak semakin marah.
    dan kontrol terus kebijakan eksekutif yang merugikan bumi….

    *gogreen…

  24. 40

    yangputri said,

    mendukung semuanya untuk ke arah yg lebih baik buat negara tercinta ini

    oke lets go green!

  25. 41

    and1k said,

    wah ini sih gara gara globalisasi

  26. 42

    Iksa said,

    He he he negara miskin kok ikutan gaya kayak negara maju … apa kebijakan lokal sudah mendukung ambisi ini?

    he he he kita buat sajalah yang terbaik bisa dilakukan diri sendiri … ngurusi wong ambis ya sulit ..

  27. 44

    budisan68 said,

    seneng rasanya mendapat temen pemerhati lingkungan, terma ikasih telah berkunjung di blog saya.. semoga silahturahmi jalan terus

  28. 45

    melly said,

    Prihatin..karena kesadaran individu jg lum ada

  29. 46

    keprihatinanku tersirat dalam puisiku

  30. 48

    masKus said,

    kita budayakan untuk menanam pohon satu untuk satu orang minimal di pekarangan rumah kita atau di sekitar tmp tggl kita

    salam

  31. 49

    Puspita W said,

    Saya coba mengajak keluarga dan masyarakat juga siswa untuk menanam pohon dan mengolah limbah organik menjadi pupuk.

  32. 50

    cukup fair, manusia yg merusak bumi ini, dgn mengeksploitasi segalanya yg ada di bumi, dipermukaan maupun di perutnya.
    Maka sekarang manusia jugalah yg wajib menghijaukannya kembali, krn dampaknya tdk hanya pd kita saja, namun hampir pd semua, termasuk satwa dan pohon2.
    Salam.

  33. 52

    a-chen said,

    saya turut berdoa saja, semoga hijaulah bumi kita….

  34. 53

    buwel said,

    mari hijaukan bumi kita dengan menjaga kebersihan di lingkungan kita masing2…

  35. 54

    isdiyanto said,

    mulai lah dari hal yang kecil-kecil dulu….

  36. 56

    fauzikun said,

    harus segera diatasi nih, dunia udah semakin PANAS πŸ‘Ώ

  37. 57

    Yari NK said,

    Sebenarnya mudah sekali, yang penting adalah niat dan perbuatan nyata, bukan hanya sekedar kata2. Saya sendiri sudah lama membatasi penggunaan kendaraan pribadi pada siang hari kecuali kalau mepet sekali, misalnya jikalau saya harus membawa barang yang berat (yang jarang saya lakukan juga) dsb. Yang jelas, saya sudah lebih dari setahun membatasi penggunaan kendaraan pribadi pada siang hari dan memilih memakai kendaraan umum. Mungkin kita harus mulai dari diri kita sendiri! (Ingat: kata kuncinya adalah kesadaran! Bukan karena kita belum mampu membeli mobil terus kita naik kendaraan umum, misalnya. Itu sih terpaksa, bukan karena kesadaran! Huehuehue….. πŸ˜€ ).

  38. 58

    salam sejahtera
    tema yang Anda angkat kali ini sangat menarik
    sebenarnya kerusakan yang terjadi di bumi akibat perbuatan manusia itu sendiri

    • 59

      fauzikun :iya mas..harus segera. dampak langsungnya sudah terasa sekali kan? nah sekarang aksinya?
      Yari NK : wah Pak, saya salut dan respect buat bapak, ditingkatkan yah Pak
      7 taman langit : iya pak akibat perbuatan kita dan sekarang mari kita pertanggungjawabkan

  39. 60

    JakaPrasetya said,

    Kalau cuman prihatin, udah banyak kali yah?, Kita mulai dari hal kecil dan diri kita sendiri dulu aja πŸ™‚

    Salam

  40. 61

    maskoko said,

    Semoga indonesia menjadi pionernya, hidup Indonesia ! πŸ™‚

  41. 62

    posisi indonesia dalam KTT perubahan iklim ini sangat strategis…
    indonesia harus memanfaatkan momen tersebut…
    salam knal….

    • 63

      Jaka Prasetya : mantap bang…kita tidak cuma butuh prihatin
      maskoko : Semoga mas dan kita sebagai masyarakatnya harus mulai terlebih dahulu
      Berry Devanda : salam kenal juga mas..terimakasih sudah berkunjung kemari hehehe

  42. 64

    Abula said,

    semoga kepedulian terhadap alam yang kita tinggali makin tumbuh…

    Salam Hangat Selalu

  43. 65

    zulhaq said,

    turut prihatin deh atas kondisi ini

  44. 66

    Mamah Aline said,

    turut prihatin kalo memang seperti ini kondisinya, harus ada solusi yang tepat sasaran

    • 67

      abula : iya mas semoga makin tinggi, tapi harus seimbang dengan aksinya mas hehehe
      zulhaq : iya mas emang udah sangat memprihatinkn
      mamah aline : solusinya banyak mamah, disekitar kita banyak yang perlu dibenah, misalnya tentang penggunaan kendaraan dengan BBM

  45. 68

    semangat semangat
    salam hangat selalu

  46. 69

    Paling pengen sekali sangat banget:
    1. Nyuruh orang-orang berhenti merokok,
    2. Nyuruh orang-orang lebih banyak jalan kaki, nae sepeda, nae kendaraan umum,
    3. Minta pemerintah kasih batesan dan kasih sangsi buat kendaraan jadul alias berumur tua yang masih jalan-jalan,
    4. Minta pemerintah kasih lebih banyak angkutan umum yang bersih dan aman.

    Bukannya pengen tapi gak dilakuin ke diri sendiri, tapi aku mang prefer jalan kaki ma nae busway kemana-mana. Enak kan bisa tidur kalo kecapekan ato bisa dengerin MP3 sambil baca tau-tau dah sampe tujuan, daripada bawa mobil sendiri stress kena macet :p

    Yuk bareng-bareng go green ^^”

  47. 70

    yemima grace said,

    iaa,,
    cMuana adha di keSadaran msing” indiVidu, bgaimana kitta mau untuk menJaga dan meLestarikan lingkngan itu sendirii,,,,

  48. 72

    Ongki said,

    semua hal itu ndak bisa terlaksana dgn baik tanpa adanya kesadaran dari tiap2 individu manusia.. ayo, kita jaga lingkungan kita!

  49. 73

    munir ardi said,

    saya suka blog anda mirip blog alamendah isinya begitu berbobot ijin ya mas pasang link anda di blog saya

  50. 74

    munir ardi said,

    terimakasih sudah berkunjung ke blog saya

  51. 75

    munir ardi said,

    let’s safe the world

  52. 77

    Hary4n4 said,

    Jalan2..mampir sebentar ke tempat sahabat…
    Salam hangat… Salam damai selalu… πŸ™‚

  53. 78

    Jalan-jalan ke blog teman. Apa kabar?

  54. 79

    gen said,

    wuih, mantabs tulisannya bro…

    yang jelas semuanya harus dimulai dari setiap individu untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

    tanpa itu, semuanya hanya menjadi wacana saja…!

  55. 81

    bocahbancar said,

    Menurut saya, tentu, menanam pohon dan ikut mencegah pembalakan liar πŸ˜‰
    (saya kira tulisan asli, ternyata nyulik dari kompas he he he)

    Salam kenal dulu dech

  56. 82

    UmmuKamilah said,

    selamat malam πŸ™‚
    maaf baru sempat berkunjung ke sini
    menyapa sahabat larut malam pula

    ah alam sudah sangat menderita karena ulah manusia.. manusia pun kena dampaknya..
    tanggung jawab dong

    hehehe

  57. 83

    aksinya……………
    nggak punya mobil hehe….
    jadi nggak nambahin polusi

    • 84

      bocahbancar : setuju…menanam 1 phon untuk diri kita sendiri (iya nich, cuma meneruskan berita dan menanggapinya)
      Ummukamilah : iya mari bertanggungjawab, kita harus menyerukan itu untuk diri sendiri
      blogger pengamen ilmu : hehehe
      mungkin bisa dibilang ke teman yang pnya mobil hehehe

  58. 85

    MAriska Ayu said,

    Semoga hasil konferensinya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab ya kak. Salam kenal dari Mariska di Kendal kak.

  59. 86

    nia said,

    ikut berpartisipasi menanam pohon

  60. 88

    Phonank said,

    gak sesuai dengan apa yg dicita-citakan presiden..

    memang sih harapan dan angan boleh tinggi.. tapi mesti dilihat juga sektor2 yg ada …

  61. 89

    SanG BaYAnG said,

    Pilihan yg sulit ketika kita mengerti bahwa dampak kenaikan emisi di negri ini salah satunya bersumber dari banyaknya peternakan yg menopang kehidupan masyarakat pedesaan bahkan bisa di bilang jika peternakan memiliki dampak cukup tinggi.

    Memang tidak mudah melakukanya namun dengan berbagai usaha semoga bisa trwujud..

  62. 90

    si kurus said,

    26% ?? emang sekarang berapa ? gak tau beritanya sih. Nice posting

  63. 91

    XP2 Scout said,

    Salah satu penyumbang CO2 terbesar di Indonesia juga peningkatan penggunaan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda 2. Lihat saja sekarang jutaan sepeda motor setiap hari melepaskan CO2 berton-ton ke udara. Habis bagaimana sekarang naik angkutan umum tarifnya mahal dan tidak nyaman.

    Terimakasih telah berkunjung ke blog kami. Salam hangat dari ujung timur pulau Jawa.

    Bahtera Prabaswara

  64. 92

    Fitri said,

    Pemanasan global memang berakibat mencairnya es di kutub.

  65. 93

    udienroy said,

    hehe gak ngerti mas soal ini. bukan bidang saya wah maap. gak bisa kasih koment. πŸ˜†

  66. 94

    semoga KTT kopenhagen bisa berpengaruh positif terhadap regulasi di ranah lingkungan, mas. jangan seperti yang sudah2. hanya sekadar latah dan ikut2an.

  67. 95

    kishandono said,

    saya setiap berangkat dan pulang kerja naik sepeda angin, polusi=0%

  68. 96

    doelsoehono said,

    Salam …turut prehatin tapi alangkah baiknya kalau kita tidak hanya berpangku tangan .

    tapi bertindak untuk kemajuan menuju ke arah yang positif

    salam damae itu Indah

  69. 97

    andika said,

    ane juga turut prihatin gan, hendaknya kita harus melakukan apa yg kita bisa
    hehe

  70. 98

    huda said,

    salam kenal kak ….

  71. 99

    alisnaik said,

    saya ini gak bisa nyetir sepeda motor atau mobil.

    apa itu bisa dikategorikan sebagai usaha menurangi emisi karbon ?? πŸ˜‰

  72. 100

    atmakusumah said,

    Salam Kenal mas…
    Tulisan yang bagus untuk mengingatkan kita semua, bahwa menjaga alam lingkungan juga merupakan bentuk Keimanan dan kecintaan kita kepada PenciptaNya…
    Terimakasih sudah berkunjung di Blog saya

  73. 101

    quinie said,

    mulai dari diri sendiri dengan menggunakan energi dengan sebaik2nya..

  74. 102

    zipoer7 said,

    Salam Takzim
    Selamat Pagi Kang, maap berΒ­kunΒ­jung dipagi hari, maap tidak berΒ­makΒ­sud yang lain hanya menyapa dan sekedar mengΒ­ingatkan perΒ­siapkan segala sesuatunya bila hari ini sahabat akan pergi
    Salam Takzim Batavusqu

  75. 103

    septarius said,

    ..
    target saya..
    mulai mengurangi pemakaian kertas, tisue..
    dan menggunakan transportasi umum..
    πŸ™‚
    ..

  76. 104

    slam said,

    hehehehe salam kenal buat bengawan ya hehehe
    saya dari group nasikucing.com

  77. 105

    […] alfaro – konferensi perubahan iklim […]

  78. 106

    Siti Fatimah Ahmad said,

    Assalaamu’alaikum

    Salam kenal kembali dan terima kasih sudah berkunjung lagi ke laman saya. Alamdulillah dapat ruang waktu untuk membalas kunjungan. maaf kalau terlewat. Mudahan persahabatan akan terus terjalin erat.

    Apa-apapun, marilah kita pelihara dan pulihara alam sekitar kita agar kita dapat bernafas dengan tenang dan hidup dengan damai. Salam mesra dari Bangi, Malaysia.

  79. 107

    munir ardi said,

    mari terus pupuk semangat kebangsaan (pingin ngucapin makasih bang udah pasang link saya juga)

  80. 108

    anyin said,

    kunjungan balik…

    kalo saya sih : perbanyak jalan kaki kalo mo ketempat yang deket!!! seringnya orang gengsi sih jalan kaki.. padahal kan bergengsi… go green!! πŸ˜€

  81. 109

    aphied said,

    saya setuju dg komen d atas sy ne. .
    tp lbh enk kl pake sepeda seh.
    hheee. .

  82. 110

    Caride said,

    mudah2an kita semua sadar akan pentingnya menjaga lingkungan yah..

  83. 111

    Didien said,

    kunjungan malam hari yg gerah..mungkin krn pemanasan global kali yah jd terasa panas gini heheheh

    salam, ^_^

  84. 112

    d-Gadget said,

    sepertinya saya sdh baca ini artikel..tp gpplah dari pada g komen hehehe

  85. 113

    zarod said,

    Panas… panas… panas…. kapan bumi ini jadi seger ya.. πŸ™‚

  86. 114

    Moga ada hasil yang nyata2 bermanfaat dari hasil pertemuan tsb. Amin… πŸ™‚

  87. 115

    fauzikun said,

    halo gan, lagi blogrunning nih :mrgreen:
    met pagi πŸ˜›

    ditunggu postingan terbarunya πŸ™‚

  88. 116

    elia|bintang said,

    hari dimana presiden sby ngumumin pengurangan emisi 26%, departemen kehutanan justru ngeluarin 30 izin buat ngambilin kayu di riau.. ironis yah. sandiwara aja ini mah kyknya. masa sama2 di pemerintahan tapi tindakannya ga sinkron.

    gue sih milih untuk hidup eco-friendly aja. hemat energi, jgn buang2 listrik, make bahan2 pengganti stereofoam sama plastik. misalnya yg buat kita makan nasi kucing tuh.. sama nanem pohon deh πŸ˜€

    one man one tree itu penting tuh!

  89. 117

    nuansa pena said,

    Mulai dari diri kita dan keluarga kalau sudah baru ajak tetangga “tambah tanaman dan jangan sembarangan potong tanaman!” dan jangan pakai kendaraan bila tidak penting!

  90. 118

    julie said,

    berkunjung sahabatku

  91. 119

    munir ardi said,

    saya datang sore ini bang

  92. 120

    munir ardi said,

    kapan ya iklim seperti dulu lagi

  93. 121

    munir ardi said,

    atau iklim selamanya nggak jelas lagi

  94. 122

    munir ardi said,

    mengamankan 120 selamat sore

  95. 123

    sinopi said,

    β€œApa yang dapat Anda Lakukan Untuk Mendukung Target Pengurangan Emisi Indonesia?”

    ya ampun! pertanyaan nya ketinggian kalo buat saya sih..
    kendaraan bermotor aja saya ga punya.. halaman rumah juga kecil doang pohon nya cuma delima sama srikaya plus tanaman bunga & saya bukan pembalak hutan tp pegawai kantoran biasa..

    • 124

      alamendah said,

      @Sinopi:
      Banyak yang bisa dikerjain, kok.
      Salah satunya, sebagai pekerja kantoran biasa, hematlah dalam penggunaan kertas. Teliti sebelum melakukan print sehingga mengurangi kertas yang terbuang percuma.
      Sebagai manusia biasa yang doyan makan, kurangi pemakaian tissu dan gunakanlah serbet dari kain.
      Menghemat konsumsi kertas dan tissu secara tidak langsung akan menyelamatkan hutan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pengendalian perubahan iklim.
      (Kertas dan tissu berbahan utama kayu yang diambil dari hutan)

  96. 126

    Salam Knal…

    Saya jadi ga tahu mau komment apa.. Infonya benar lengkap dan gak bisa di komment lagi..

  97. 127

    dedekusn said,

    Saya benci tapi tak berdaya melihathutan,alamku rusak,

    Lestarikan!
    Lestarikan!

    perubahan iklim, Prihatin!

  98. 129

    ducky said,

    Wuiihh panjang banget perjalanan ke kotak komengnya πŸ™‚
    saya sih suka nyimpen kertas bekas buat ngedraft surat/dokumen yg disuru bos. Tadinya bosnya agak gag suka, lama2 mereka ngdukung…wallahualam tindakan kecil ini ngefek or kagak, yg paling penting rakyate sejahtera n disiplin!

    Salam kenal kembali lho..postingnya spektakulerr euy…

  99. 130

    ducky said,

    @alamendah: hehe jadi serba salah nih, make serbet pengganti tisu.. Wuah masalahnya nyuci yg banyak jg perlu diterjen dan air.. jadii lap aja pake lengan baju hahahaha… Pisss euy!

  100. 131

    Hariez said,

    saya sangat senang jika saja kita yang memulai proses-proses perubahan itu sendiri bukan menunggu hasil yang belum tentu akan dijalankan

    dan artikel ini juga mengingatkan saya akan kepedulian alam sepertihalnya blog milik Om Alam

  101. 132

    @_T!ka said,

    Hmm.. pengurangan emisi ya. pinginnya sih usul sama pemerintah buat bikin peraturan pajak kepemilikan kendaraan kayak di Jepang. Jadi semakin banyak sebuah keluarga punya kendaraan, pajaknya semakin besar. Gitu..
    Kalau saya sendiri mengurangi pemakaian kendaraan kalau jaraknya dekat.

  102. 133

    ninneta said,

    mau diadain konferensi sampai ratusan kali juga nggak bakalan nolong kalau manusianya nggak ada kesadaran…. *marah*

  103. 134

    May said,

    May akan membagi award kepada sahabat yang May perkirakan akan memasang award itu langsung di blog/ situs mereka.

    Sebagai tanda perkenalan dan persahabatan, Award itu May persembahkan juga untuk kamu.

  104. 135

    met menyambut tahun baru kawan
    salam hangat dari blue

  105. 136

    Kalo aku sih dari dulu berharap banget didaerahku di Batam, ditanam pohon yg rindang yg gak asal tanam. Yg mereka tanam adalah bunga yg disiram juga gak.

    Di batam yg rumahnya gak ada yg punya halaman, agak susah buat nanam. Tp aku paksa, didekat trotoar aku tanam pohon….mangga hahahha..Cuma, begitu berbuah, dimakanin monyet liar yg terusir dari hutannya dibelakang rumahku karena developer asyik membangun rumah.

    Pusiang…

  106. 137

    TRIMATRA said,

    yuk rame2 ngejar penebanghutan dan masukin bui, mereka2 tuh penyebab iklim jadi absurd

  107. 138

    fauzikun said,

    selamat siang gan πŸ˜›

    tetap berjuang untuk penghijauan bumi ini

    lagi jalan-jalan nih πŸ˜€

  108. 139

    willy said,

    ini blog lu lagi musim salju ya bos???
    :mrgreen: :mrgreen:

  109. 140

    agnes sekar said,

    Selamat siang Alfaro, sekecil apapun kita harus berbuat untuk lingkungan menjadi bersih hijau dan alamiah. Hindari hal-hal yang memborosklan energi kalau mungkin meminimalkan dampak dari pemanasan global, back to nature, mari kita arahkan kesana. Terima kasih postingannya, Sukses untuk anda.

    Reghards, agnes sekar

  110. 141

    seharusnya target lebih dingin 2 derajat celcius (untuk indonesia) :p

    sekarang kan indonesia makin panas…. musim hujan saja saat ga hujan siangnya panas banget

  111. 142

    buraqmanari said,

    Gak lama lagi iklim indonesia bakal sama dengan Brasil….

    link dah terpasang dgn sukses, trims
    πŸ™‚

  112. 143

    sampai saat ini baru bisa mendukung dengan tindakan kecil : pakai listrik seperlunya, menggunakan sepeda jika pergi2 dalam komplek serta tanam2 pohon (kalau tanam2 pohon bukan hanya karena peduli lingkungan, tapi karena memang lingkungan tinggalnya puanasss bener, lumayan pohon buat adem2 :p)

    Cara Membuat Web

  113. 144

    Mustova said,

    go green.. :mrgreen: :mrgreen:

    salam kenal. πŸ™‚

  114. 145

    rhudie1990 said,

    betul… kapan ya.. indonesia bisa memberikan kontribusi yang lebih

  115. 146

    ini harus ikut jejaknya lagu iwan fals ye? πŸ˜€ hehe..

  116. 147

    indonesia masih sibuk ngurusin masalah politik, sampe detik ini.. zzzz

  117. 148

    Memang kita semua sudah harus berprilaku Go Green…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: