Efek Rumah Kaca

Pemanasan global merupakan isu panas beberapa tahun terakhir ini. Kenaikan kadar CO2 di atmosfir mengakibatkan efek rumah kaca yang berdampak pada pemanasan di permukaan bumi.

Efek rumah kaca alami

Matahari sebagai pusat tata surya kita memberikan energi berupa radiasi dengan panjang gelombang yang sangat pendek pada bumi. Sepertiga dari energi itu dipantulkan kembali ke luar angkasa oleh atmosfir bumi, duapertiga sisanya diserap oleh permukaan bumi dan oleh atmosfir itu sendiri. Untuk menyeimbangkan energi yang diserap maka bumi harus meradiasikan kembali jumlah energi yang sama ke angkasa. Karena suhu pada permukaan bumi lebih dingin dibanding matahari maka radiasi yang dipantulkan kembali memiliki panjang gelombang yang lebih pendek. Sebagia besar radiasi yang dilepaskan oleh permukaan bumi diserap oleh atmosfir dan kemudian diradiasikan kembali ke bumi. Rangkaian proses ini disebut dengan efek rumah kaca alami. Efek rumah kaca alami berfungsi menghangatkan suhu permukaan bumi. Tanpa efek rumah kaca alami ini suhu permukaan bumi akan berada dibawah suhu 0 derajat Celcius.

Efek rumah kaca saat ini

Aktifitas-aktifitas manusia pada beberapa abad terakhir ini seperti pembakaran hutan, penebangan pohon besar-besaran, dan penggunaan bahan bakar fosil telah meningkatkan kadar gas rumah kaca alami di atmosfir(terutama CO2). Penambahan gas CO2 merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi pertambahan suhu di permukaan bumi dengan efek rumah kaca. Meningkatnya suhu permukaan bumi mengakibatkan siklus efek rumah kaca yang cukup besar peningkatannya. Misalnya, dengan meningkatnya suhu atmosfir dan permukaan bumi mengakibatkan konsentrasi uap air meningkat di atmosfir yang selanjutnya meningkatkan lagi efek rumah kaca. Hal ini menyebabkan pemanasan lanjutan yang akan menambah kadar uap air. Uap air adalah salah satu kandungan di atmosfir yang menangkap pantulan radiasi dari permukaan bumi. Siklus ini akan terus menambah suhu permukaan bumi. Apa yang dapat kita lakukan?

  1. Reforestation
  2. Kurangi pemakaian bahan bakar fosil
Iklan

184 Tanggapan so far »

  1. 1

    N. Raymond Frans said,

    Tabea… Selamat Baku Dapa n Salam Kenal Dari Manado. Nice Blog. Thanks,-

    • 2

      Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga air laut mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut yang mengakibatkan negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yang sangat besar.

      • 3

        Ada dua pendekatan utama untuk memperlambat semakin bertambahnya gas rumah kaca.

        Pertama: Mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut atau komponen karbon-nya di tempat lain. Cara ini disebut carbon sequestration (menghilangkan karbon).

        Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karbondioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih banyak lagi. Pohon, terutama yang muda dan cepat pertumbuhannya, menyerap karbondioksida yang sangat banyak, memecahnya melalui fotosintesis, dan menyimpan karbon dalam kayunya . Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan telah mencapai level yang mengkhawatirkan. Di banyak area, tanaman yang tumbuh kembali sedikit sekali karena tanah kehilangan kesuburannya ketika diubah untuk kegunaan yang lain, seperti untuk lahan pertanian atau pembangunan rumah tinggal. Langkah untuk mengatasi hal ini adalah dengan penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca.

      • 4

        Kedua: Mengurangi produksi gas rumah kaca.

        Salah satu sumber penyumbang karbondioksida adalah pembakaran bahan bakar fosil (BBM, batubara). Penggunaan bahan bakar fosil mulai meningkat pesat sejak revolusi industri pada abad ke-18. Pada saat itu, batubara menjadi sumber energi dominan untuk kemudian digantikan oleh minyak bumi pada pertengahan abad ke-19. Pada abad ke-20, energi gas mulai biasa digunakan di dunia sebagai sumber energi. Perubahan tren penggunaan bahan bakar fosil ini sebenarnya secara tidak langsung telah mengurangi jumlah karbondioksida yang dilepas ke udara, karena gas melepaskan karbondioksida lebih sedikit bila dibandingkan dengan minyak apalagi bila dibandingkan dengan batubara. Walaupun demikian, penggunaan energi terbarui dan energi nuklir lebih mengurangi pelepasan karbondioksida ke udara. Energi nuklir, walaupun kontroversial karena alasan keselamatan dan limbahnya yang berbahaya, bahkan tidak melepas karbondioksida sama sekali.

      • 5

        sama halnya dengan penggunaan sumber energi alternative lainya seperti kotoran yang mengahsilkan gas metana. karbon yang dihasilkan sedikit sekali tapi hasilnya berupa gas metana juga mempengaruhi bertambahnya kadar gas rumah kaca. pengembangan yang sedang trend saat ini di negara eropa adalah tenaga surya dan angin.

        terimakasih sudah melengkapi tulisan ini Pak. MY RESPECT!!

  2. 6

    Hary4n4 said,

    Tak kirain efek rumah kaca itu, rumah atau gedung yg banyak memakai kaca pada dinding serta atapnya…hehe
    Sekarang jadi tau, apa itu yg dimaksud dgn efek rumah kaca.. Makasih banyak utk infonya mas.. ๐Ÿ™‚

    • 7

      dan said,

      Iya tuh, pada ngiranya begitu. Sedangkan rumah kaca yang asli kan rumah yang digunakan untuk tempat menanam dengan suhu yang bisa di sesuaikan. Dengan kacanya, rumah tersebut bisa menaikkan suhu di dalamnya. Sehingga efek pemanasan global ini disebut efek rumah kaca karena kemiripan proses pemanasannya. Betul tidak ?

  3. 9

    ngupingers said,

    efek rumah kaca>>>taku ah

  4. 10

    KutuBacaBuku said,

    sedih klo mendengar informasi tentang hal ini, sepertinya koq manusia gak mikirin yah apa dampak dari yang mereka lakukan terhadap lingkungan hidup. Lihat aja para sopir bajaj adu sembur asap knalpot, para perokok juga, pabrik2 juga, hufh

  5. 11

    Dangstars said,

    Wah..terimakasih atas infonya…
    ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜›

    • 12

      ngupingers : iya makanya kurangi penggunaan bahan bakar fosil

      KutuBacaBuku :hemmm..itulah aktifitas manusia yang perlu diberi perhatian lebih jauh

      Dangstars : sama-sama kang Dadang hehehe

  6. 13

    yangputri said,

    bagaimana mengatasinya??

  7. 15

    san said,

    muncul teknologi baru, muncul juga masalah baru..
    mungkin lebih baik jika dunia kembali ke Jaman 1000 tahun yang lalu.

  8. 16

    mubaroki said,

    sangat membahayakan…..

  9. 18

    Siti Fatimah Ahmad said,

    Salam bahagia.

    Indahnya DUNIA hanya sementara.
    Indahnya CINTA hanya seketika.
    Indahnya MIMPI kadang tak pasti.
    Tapiโ€ฆโ€ฆ. Indahnya PERSAHABATAN sesama kita sukar dicari ganti.

    Maaf sahabatkuโ€ฆ kerana lambat berkunjung balas; banyak urusan mengulit diri dan perlu dibereskan. Terima kasih atas ingatan berpanjangan. Go Green

    Selamat Tahun Baru 2010. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  10. 19

    uphiet said,

    Info yang sangat berguna ๐Ÿ™‚
    Apa yang harus kulakukan?

  11. 20

    peri01 said,

    selamat pagi alfa ๐Ÿ™‚
    nice info lalu apa solusinya ๐Ÿ™‚

  12. 22

    iLLa said,

    makasih info bermanpaat inih *manggut manggut
    salah satu yg musti dilakukan juga adalah mengurangi pemakaian alat listrik yg tidak terlalu berguna. Misalnya AC digunakan sperlunya. begitupun Lampu, TV, dll…
    kan sekalian hemat energi ๐Ÿ˜€

  13. 23

    kepinghidup said,

    Waduh bumi tambah panas ya… ayo bike to work… (itu maksudnya mengurangi bahan bakar fosil correct?) – takut salah komentar..

  14. 24

    anyin said,

    makin parah aja ya bumi kita :s

  15. 26

    Pai said,

    Makin gerah az y nih bumi..

  16. 27

    wi3nd said,

    perbanyak tumbuhan..
    yahh..seperti yan9 dicanan9kan itu,minimal satu oran9 tanam satu pohon..yah nda alfa?

  17. 30

    fauzikun said,

    huuh nih lagi bahaya-bahayanya suhu bumi sekarang ini ๐Ÿ˜ฆ
    sebaiknya kita lebih cepat back to nature ๐Ÿ˜›

  18. 31

    didta said,

    tanam pohon sebanyak-banyak nya

  19. 32

    Ohh .gitu yah..
    tapi gue enggk kawatir, soalnya rumah gue kacanya dikit ๐Ÿ˜€
    Nice Post Sob

  20. 34

    zipoer7 said,

    Salam Takzim
    Mengunjungi sahabat disiang hari barangkali ada yang sibuk membersihkan makan siangnya, kalau ngga bersih saya mau paksa bersiin biar tidak mubazir.
    Salam Takzim Batavusqu

  21. 35

    muamdisini said,

    saya kira “Efek Rumah Kaca”nya Cholil…

    hehehehe….
    yah begitulah, masa depan bumi ada di tangan kita…

  22. 37

    Clara said,

    artikel yg bagus.
    tapi kalau mau menjaga bumi, kesadaran semua manusia harus dibangun

  23. 39

    noto said,

    stop penebangan hutan.

  24. 40

    Mamah Aline said,

    setuju banget mas Alfaro salah satu cara mengatsi efek rumah kaca selain penaman pohon yaitu tadi kurangi bahan bakar fosil

  25. 41

    pohon said,

    infonya mantabh kawan..
    semoga kita semua bisa meninimalisirnya.. eh tapi, reforestation itu apa kawan?
    hehe..

  26. 43

    zezeza said,

    Saatnya kita menunjukkan kepdulian pada alam

  27. 44

    Qinhuangdao Welcomes You!

  28. 45

    citromduro said,

    kita peduli maka alam akan peduli dengan kita

  29. 49

    gadisjeruk said,

    EFEK RUMAH KACA (band) bagus tuh lagu-lagunya…

    :OOT mode on: hehehe

  30. 50

    an1k said,

    haduh semoga bumi kita ini gak bener ancur tahun 2012

  31. 51

    attayaya said,

    kurangi deforestasi
    perbanayk pohon
    tanam 1 phon aja di lingkungan, dah lumayan lho

  32. 53

    oche said,

    mengingatkan kita,
    betapa kadang2 kita kurang care sama masa depan dunia ini.

    hayuk bareng2 menyelamatkan dunia,
    hopefully this world will be better place, amin.

    nice info!

  33. 54

    kezedot said,

    post yg baik
    oya kemana y band tersebut
    salam dalam kehangatan musim

  34. 55

    Assalamu’alaikum,
    Artikel yang bagus. Untuk menyelamatkan bumi, harus kita mulai dari diri sendiri, lingkungan terkecil kita, sekitar kita. Bila semua orang melakukan hal yang sama, maka hasilnya bisa kita lihat dalam beberapa waktu ke depan. Kalau tidak, maka kerusakan yang semakin parah lah yang akan kita wariskan pada anak, cucu kita nanti. (Dewi Yana)

  35. 57

    Deka said,

    Semoga makin banyak yang sadar akan kelangsungan bumi tempat bernaung kita ini.

  36. 59

    yusrond said,

    stop penebangan liar!

  37. 60

    aphied said,

    stop global warming. .
    btw, lagunya efek rumah kaca enak – enak lhooo.
    hheee. .

    • 61

      Deka :iya mas, kesadaran mulai dari diri kita..

      yusrond :bener dan setuju sekali…hutan indonesia makin gundul..bencana dimana-mana

      aphied :hehehe
      iya udah pernah dengerin juga

  38. 62

    A.J.I said,

    wow … suasana green-green neh salam kenal

  39. 63

    gen said,

    wew, sampe ada grup bandnya sekarang Bro..! namanya efek rumah kaca sama hehe….

    btw, rumah kaca juga termasuk salah satu penyebab global warming yah..?

  40. 64

    Rinie said,

    Go green… one man one tree…

    hihiii

    semangat anak kehutanan ya gini… hhaa

    • 65

      A.J.I :salam kenal juga mas..

      gen :kalo itu saya belum tahu mas. heheh..masih harus belajar lagi konsep fisikanya.

      Rinie :wah kehutanan…galakan terus program itu..sangat bermanfaat sekali.

  41. 66

    aprillins said,

    memang benar-benar seram loh efek rumah kaca kalo udah parah.. bagaikan hidup dalam panci yang sedang dibakar.. atau hukuman orang jaman dulu tuh yang dimasukin kedalam sapi/banteng logam terus dibakar dari luar..

    hohoho.. ๐Ÿ‘ฟ

  42. 67

    zipoer7 said,

    Salam Takzim
    Rumah kaca di jakarta sudah ratusan bahkan mungkin ribuan kang, demi uang susah untuk dibuang
    Maap baru sempat singgah karena banyak offline yang harus diuber kang
    Salam Takzim Batavusqu

  43. 68

    kapan ya…pemakaian ac bisa dihentikan…..

  44. 70

    Abdul Cholik said,

    Bumi memang harus diamankan dari segala dampak perbuatan manusia.
    salam hangat dari Surabaya

  45. 71

    postingan yg menarik,
    rumah kaca emang membahayakan…

  46. 72

    budisan68 said,

    kita mulai menyelamatkan bimi dari hal-hal yanbgkecil yang kita bisa, menanam bunga misalnya

  47. 73

    elia|bintang said,

    reforestation itu apa yah? hehe.. saya sbnrnya ga terlalu ngerti tentang ini. tapi yang jelas saya hemat energi aja dan nanam pohon ๐Ÿ˜€

    eiya happy new year mas!

  48. 74

    rio2000 said,

    saatnya menggunakan energi alami seperti matahari, air, angin ๐Ÿ™‚

  49. 75

    Dangstars said,

    Kunjungan di pagi hari..
    Semangat sobat !
    ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜›

  50. 76

    marsudiyanto said,

    Makasih telah mengunjungi blog saya.
    Salam Kenal, semoga makin sukses…

  51. 77

    abrus said,

    se7 … sebuah pencerahan … ๐Ÿ˜›

  52. 78

    dari tahun ke tahun ancaman kerusakan alam semakin parah. sekarang apa yang kita tunggu?? Let’s action!!! Selamatkan bumi sekarang juga!

  53. 79

    marshmallow said,

    tak heran bila bumi semakin panas sehingga salju-salju abadi pun mencair. walaupun kita memerlukan efek rumah kaca untuk mempertahankan kehangatan suhu di bumi, namun tentunya bukan efek yang berlebihan.

    terima kasih atas info yang bermanfaat ini, mas alfaro. dan terima kasih telah sudi berkunjung ke gubuk maya saya.

    salam kenal kembali.

  54. 80

    kw said,

    go green… go green….
    kalau gak, nanti pemanasan akan terus meningkat…. mati deh semua makhluk hidup

  55. 81

    arkasala said,

    kita perlu ikut memelihara lingkungan ini dari mulai yang paling kecil yaitu menyadarinya kali mas ya. Selanjutnya tindakan di lingkungan terkecil dulu. Terima kasih artikel ini sudah mengingatkan.
    Salam

  56. 82

    dasir said,

    Kalau tak bisa dihentikan, apakah bisa dihambat?

  57. 83

    nuansa pena said,

    ayo lakukan penghijauan dirumah anda, biar sepanjang jalan seger!

  58. 84

    INDAH said,

    SALAM KENAL,,,,,, LEBIHKAN PERHATIAN ANDA KEPADA ALAM……….

  59. 85

    1121 said,

    efek rumah kaca apa termasuk, efek aku muntah ketika meliat wajahku di cermin yach hehehe… nyambng gak ?

  60. 86

    matanaga said,

    jadi lebih tahu dari efek rumah kaca
    mari upayakan penghijauan agar lebih seimbang
    salam sejahtera ๐Ÿ˜‰

  61. 87

    anny said,

    Ayo galakan penghijauan agar efek rumah kaca tak membawa bencana

  62. 88

    munir ardi said,

    hutan sudah hilang untuk menghilangkan efek rumah kaca ini

  63. 89

    munirardi said,

    inilah kesalahn manusia yang terlalu banyak berbuat jelek kepada alam akhirnya alam tidak lagi menjadi sahabat tetapi menjadi lawan

  64. 90

    munirardi said,

    Salam Takzim

  65. 91

    made gelgel said,

    reforest satu2nya cara yang paling efektif dan efisien

  66. 92

    demoffy said,

    maka dari ituh..

    Go Green. ๐Ÿ™‚

  67. 93

    mandor tempe said,

    yang bisa kita lakukan adalah menambah tumbuh-tumbuhan yang hisa hidup di bumi. Cara gampangnya adalah menanam kembali biji buah yang telah kita makan *meskipun mudah tetapi agaknya jarang yang melakukannya ya*

  68. 94

    suhu bumi semakin meningkat, bahkan di belahan bumi terdingin pun sudah tampak perubahannya..bumi ini sudah mulai kepanasan, saatnya kita sebagai penduduk bumi lebih komit dalam menghadapi fenomena ini..semoga negara negara di bumi ini bisa lebih melakukan perubahan, salah satunya dengan menjalankan Protokol Kyoto secara konsisten

  69. 95

    Met malam mas!!!
    yg pertama q mau ngucapin makasih udah berkenan mampir di blog belajar q, yg kedua salam kenal dan persahabatan selalu.

    yg ketiga q suka artikelnya soale aq adalah salah satu anggota pencinta alam di daerah q, saat ini aq juga lagi melakukan aksi penanaman kembali hutan gundul, walaupun belum seberapa saya yakin nantinya akan mengurangi dampak pemanasan global.

  70. 96

    selama ini berpikir itu adalah karena gedung2 memakai kaca dan pnatulannya dari sinar matahari itu mnyebabkan efek rumah kaca.

  71. 97

    Naruto Fans said,

    Salam kenal mas Alfaro saya Faris.
    Klo tidak salah penggunaan bahan alternatif dari apa lupa namanya, sebagai
    pengganti bahan fosil untuk bahan bakar kendaraan ternyata memiliki dampak
    pda efek rumah kaca yang lebih besar ya??apa iya

  72. 98

    Abdi Jaya said,

    solusinya kok pake bahasa njelimet sih bro… daku orang kampung ini jadi mesti buka kamus dulu

  73. 99

    tyan's said,

    efek rumah kaca adalah salah satu penyebab pemanasan global…
    jadi harus di hentikan….,

  74. 100

    wahyu said,

    sip..tulisan yang bagus….ayo kita selamatkan bumi ini :))
    go green lifestyle

  75. 101

    aku lupa udah berkunjung balik apa belum, :mrgreen:

    efek rumah kaca pertama kali aku denger waktu sma kelas satu, apa kabarnya ia sekarang

  76. 102

    oelil said,

    menanam pohon selain meningkatkan kualitas udara (O2) juga bisa mengurangi efek rumah kaca ini ya..

  77. 103

    yopyrinaldi said,

    salam kenal dari yopyrinaldi bwt alfarolamablawa….
    kalendernya silahkan diambil…,,dipersembahkan bwt smw shabat blogger..

    salam jg bwt komunitas blogger bengawannya dari blogger bertuah pekanbaru..
    maju trus blogger indonesia..
    n_~

  78. 104

    harto said,

    waaah saya pikir rumah yang terbuat dari kaca… (hi hi hi jadi maluuu)
    coba mari kita sama2 bertanya…..pada rumput yang bergoyaang……..

  79. 105

    ipin's cool said,

    Gunung es menjadi cair akibat pemanasan global..
    dan indonesi adalah penyumbang ke3 dalam hal penipisan ozon

    Mari kita lakukan penanaman sejuta pohon *Back to Nature*.

    *STOP GLOBAL WARMING*

  80. 106

    Ongki said,

    Ayo, kita sama2 selamatkan bumi ini.. Dimulai dari hal yg paling kecil yg bisa kita lakukan, buang sampah pada tempatnya..

  81. 107

    Wah..besar sekali efek rumah kaca itu ya kang…

  82. 108

    ina said,

    bumi semakin panaz… nih jg karna ulah manusia….
    stop global warming!!!

  83. 109

    Babesajabu said,

    Sungguh memprihatinkan memang kondisi ozon saat ini. Bumi hancur karena ulah manusia…

  84. 110

    NaiCanA said,

    smua bs dimulai dari diri sendiri ๐Ÿ™‚

  85. 111

    zipoer7 said,

    Salam Takzim
    Kayanya masih cukup tuh untuk link saya di masukkan di link sahabat hehehehe, kali aja ada yang mampir. izin pasang link pak
    Salam Takzim Batavusqu

  86. 112

    Anehnya,banyak orang yg tdk percaya pada efek rumah kaca. Pemanasan global dianggap isu yg menyesatkan dan menguntungkan pihak tertentu.

  87. 113

    didi said,

    wah kalau gitu 5 tahun yang akan datang bumi akan jadi semakin panas….
    sebagai generasi kita harus membangun dari yang kecil untuk mengurangi hal yang dapat mengurangi umur bumi…
    salam dari blog bertuah buat blog bengawean yach..
    ke pekanbarulah blog bengawan, pasti akan di sambut oleh blog bertuah pekanbaru… salam sukses beat teman2 blog bengawan…

  88. 114

    cantigiโ„ข said,

    mudah2an tingkat pertumbuhan ekonomi yg makin baik untuk semua orang di indonesia, diikuti wawasan pendidikan ttg lingkungan yg makin baik pula ya…

  89. 115

    NURA said,

    salam sobat
    wah saluut ,,komentar sahabat banyak sekali nich..
    efek rumah kaca,,katanya semakin menambah pemanasan global saja.

  90. 116

    hellgalicious said,

    berbahaya banget kalo dibiarin trus2an

    heppy new yarrr

    maap telat semingguu

  91. 117

    Yuks kembali ke alam….

  92. 118

    akudanjiwa said,

    duhai jiwa,
    begitu lah bumi yang kian hari makin tua
    yang semakin dilupakan oleh mereka yang berpijak diatasnya..
    bukan hanya risau, bukan hanya khawatir, bukan hanya slogan..
    tapi kepedulian butuh pembuktian..
    tebarkan kebaikan dipenjuru bumi, tanamkan pohon diatas bumi agar mereka yang tengah risau dan galau kembali dapat menenangkan jiwanya…

  93. 119

    adhit said,

    masalah ini ampe skr gk penah slese2,, semua bangsa/negara msh egois pgn bakar2 bahan bakar sebnyk2 mungkin …

  94. 120

    omiyan said,

    balik lagi belum ada yang baru

    met sore aja deh

  95. 121

    Kakaakin said,

    Saya baru tau tentang efek rumah kaca yang alami… ๐Ÿ™‚ dulu waktu es em a nggak pernah diajarin yang ini… ๐Ÿ˜ฆ

    Tengkiyu atas infonya..

  96. 122

    Rivanlee said,

    efek rumah kaca ya mmmmmmmm

    nais inpoh

  97. 123

    faruq said,

    hmm… betul..betul…betul…

  98. 124

    tukangpoto said,

    Suhu bumi yang makin meninggi sudah dapat saya rasakan, tinggal kesadaran dari masing-masing insan untuk mencegah pertambahan kenaikannya.

  99. 125

    tomi said,

    sudah saatnya manusia bersahabat dgn alam,.,, kalau tidak 2012 akan benar terjadi hehe..

  100. 126

    doelsoehono said,

    Semoga kita semua selalu di berikan kesabaran dan tdk mengumbar Hawa nafsunya .

  101. 127

    Stov said,

    Helo —

    Penjelasan yang singkat dan jelas, dan mudah dimengerti tentang efek rumah kaca dan pemicu global warming.

    Banyak sekali teman2 ku yang gak begitu paham masalah ini.
    Anggapnya, Global warming, hanya kejadian bumi bertambah panass, es kutub ucara mencair, kemudian banjir. That’s it. Kalau ditanya rentetan kejadiannya, pasti gak tau ๐Ÿ˜€

    Kalo sekarang baca ini kan bisa sedikit banyak menjelaskan, dengan bahasa yang ilmiah sedikit biar kelihatan pinter gitu lho ๐Ÿ˜€

    salam.

  102. 128

    henter_mia said,

    wah…harus dicegah ni

  103. 129

    attayaya said,

    aku ingin udara segar yang tidak ada polusi udara

  104. 130

    alisnaik said,

    selamat pagi

    saya kira “Efek Rumah Kaca” yang merupakan nama dari sebuah band indie terkenal di komunitas indie Indonesia ๐Ÿ˜›

    terima kasih dan moohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  105. 131

    diajeng said,

    ๐Ÿ™‚ makasih ilmunya …. kalo setiap orang punya satu tekad aja untuk membuat udara kita bersih…pasti kita akan lebih nyaman tinggal di bumi ini ๐Ÿ™‚

  106. 132

    Gek said,

    I love reforestation!
    Bermain lumpur sambil membantu bumi dari efek negatif rumah kaca!

    Makasi udah mampir di gek ya.. ๐Ÿ™‚

  107. 133

    tulsan2 seperti ini memang selayaknya lebih sering ditampilkan agar kita lebih mengerti dan mengetahui dgn jelas apa dan bagaimana bisa terjadi global warming seperti saat ini.
    terima kasih Mas telah bebagi info yang menarik.
    salam.

  108. 134

    vany said,

    eh, rumah kaca ini ada hubungannya sama global warming nggak siyh, mas? ๐Ÿ™‚

  109. 135

    kyra.curapix said,

    pertama masuk dikirain nama band,hehehe
    maaf2

  110. 137

    sobatsehat said,

    sudah selayaknya kit alindungi bumi ini dari efek rumah kaca, regulasi juga kit harapkan dapat mendukung ini………..

  111. 138

    kawanlama95 said,

    gimana kalo kita ga pake kendaraan pake sepeda aja kek zaman dulu

  112. 139

    Ummati Press said,

    Sepertinya akan sulit diatasii efek rumah kaca ini. Soalnya produksi kacanya jalan terus.
    Sama sulitnya dengan mengatasi penggunaan menyedot rokok, karena produksi rokoknya jalanterus.

  113. 140

    arkum said,

    Tulisan ms alfaro mengingatkan saya tentang pembahasan global warning yg sekarang lagi gencar, ternyata memang berbahaya jika efek rumah kaca ini tetep dibiarkan ms.Bisa2 kelak bumi ini bisa hancur karena efek ini. Terus tulis ms tentag cinta lingkungan lainnya, saya dukung program cinta lingkungan!

  114. 141

    putra said,

    Halo OM ,, salam kenal ..
    terima kasih udah komen di blog saya ..
    oya ,, saya ngajak tukeran link nih . ,,
    link om sudah saya pasang ,, silahkan di cek ,.,
    mohon link back nya ya OM ,,
    thanks .. ๐Ÿ™‚

  115. 142

    anggi said,

    Efek rumah kaca susah untuk diminimalisir apalagi dicegah karena zaman sekarang tidak lepas dari itu. Terima kasih udh mampir sob ๐Ÿ™‚

  116. 143

    BelajarCafeยฎ said,

    makasih udah di link balik, keep in touch

  117. 144

    Rayyan said,

    Efek rumah kaca plus ketidakperdulian kita akan lingkungan, misalnya dengan membuang sampah sembarangan.

    Jika tidak hati-hati dapat menyebabkan banjir. Terbukti semakin hari, semakin parah dampaknya.

    Daerah yang tadinya tidak banjir, jadi banjir …

    Tidak ada kata terlambat, mari kita berubah …

  118. 145

    Cak win said,

    Mantab bro postinganya ๐Ÿ™‚

  119. 146

    Yari NK said,

    Kalau mau merasakan “dahsyat”-nya efek rumah kaca gampang saja. Parkirkan mobil kita di terik siang hari (jangan parkir di tempat teduh) lantas tutup jendelanya rapat-rapat. Kalau bisa kacanya tanpa lapisan film penggelap. Biarkan selama minimal 1 jam, lalu rasakan panasnya di interior mobil kita. Begitulah kira-kira gas-gas rumah kaca juga bekerja di atmosfir planet kita yang akan menaikkan suhu di permukaan bumi….

  120. 147

    mocca_chi said,

    bumi makin panas memang, waktunya hujan ternyata ga ujan >.<

  121. 148

    elpa said,

    go green…awali d rumah masing2 yo kita menanam pokok,ada 2 manfaat buat penghijauan juga hasilnya bs kita makan

  122. 149

    bocahupil said,

    wah kirain efek rumah kaca nama band itu.hehehe..

  123. 150

    mikekono said,

    wahhhh……banyak kali
    yang komen bro
    akhirnya saya cuma
    bisa berkaca dari postingan efek kaca….
    hmmmmm ๐Ÿ™‚

  124. 151

    julie said,

    halo juga bro

  125. 152

    mira said,

    kurangi pemakaian AC, kulkas, dan alat2 elektronik lainnya!! kalo jalan juga, naik sepeda aja!!

  126. 153

    rioseto said,

    setuju dengan komentar mbak mira yang di atas ini, naik sepeda! kalau macet dilipat atau digulung, kalau kepepet keluarkan kincir dan payung, ..take off!

  127. 154

    tugaskuliah said,

    duhhh global warming..

  128. 155

    yummy said,

    efek rumah kaca tuh nama band kan y? he…………..

  129. 156

    tary bailah said,

    serem ya, musti kerjasama untuk mencegah, tapi rada sulit ya menyadarkan orang-orang kalo ini berbahaya banget utk kelangsungan hidup.

  130. 157

    A9YnD1LV3R said,

    Solusi tambahan..

    Tanam satu pohon satu orang and make “Green Heart”.

  131. 158

    bayu putra said,

    Salam kenal sahabat… wah postingan masalah efek rumah kaca..kjadi ingat materi kuliah dulu….heee..Pertamax.

  132. 160

    dida said,

    reforestation? hm…

  133. 161

    M Mursyid PW said,

    Bumi memang terasa semakin panas.
    Sungguh bagus blog ini membahas global warming.
    Salam hangat selalu.

  134. 162

    bayuputra said,

    Mudah2an penggunaan Rumah kaca bisa di kurangai sepaya bumi kita tetap aman dan nggak panas lagi hee…salam

  135. 163

    yustha tt said,

    posting yang keren..
    yuk nanam pohon..
    gimana kalo kado ulang taun atao kado apa aja kita wujudin dlm bentuk pohon??
    hhehehehe…..

  136. 164

    HumorBendol said,

    Reboisasi….
    Dimana lagi ada tempat?
    ๐Ÿ˜ฆ

  137. 165

    sunflo said,

    waah…komennya pada bmutu semua… mau kasih intermezo ajah,
    hmmm… kalo bumi bisa ngomong,mgk mau bilang gini:
    ” Capek dech…ama kalian semua, wahai manusia yg tak btgg jwb… ๐Ÿ˜ฆ “

  138. 166

    mikha_v said,

    Beberapa hal yang sudah saya lakukan:
    – Mengganti semua lampu rumah menjadi neon (kecuali garasi dan basement)
    – Mencopot charger yang nonaktif

  139. 167

    Rindang said,

    beda bgt yak, skarang sama dulu.. jam 10 aja skrng udh panas..
    salam knal.. ๐Ÿ˜€

  140. 168

    wyd said,

    kurangi bahan bakar fosil? caranya??? kendaraan bermotor diparkir aja di garasi dan jalan kaki aja???? atau naek sepeda aja? wah… dalam sebulan bisa naek timbangan badan karena berat betis nambah berkilo2 ๐Ÿ™‚

  141. 169

    Yak said,

    Kukira tentang band erk, ternyata tentang fenomena erk.. ๐Ÿ˜ณ

    Dukung program go green aelah, go green!

  142. 170

    blogwalking nech mas. di tunggu kunjungan baliknya yach…………

  143. 171

    fatur said,

    salam kenal,..sukses slalu

  144. 172

    Salam kenal …. saya senang melihat-lihat blog anda Dapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru di informasi lowongan kerja

  145. 173

    hieday said,

    kaya di film2 za……………………
    hheeeeeeeeeeeeee ikut nimbrung neeeeeeeeeeeeeee

  146. 174

    leviathan said,

    nice posti mas………

  147. 176

    boy_kid said,

    postingannya bagus y gan

  148. 179

    blogseven77 said,

    semua berawal dari ulah manusia…

  149. 180

    semoga makin banyak yang sadar ya…… mudah-mudahan

  150. 181

    Jagalah bumi kita untuk anak cucu kita

  151. 182

    infonya bagus niech,,smoga smua manusia segera sadar akan efek rumah kaca

  152. 183

    waktu kecil saya berfikir efek rumah kaca itu aki bat rumah yang pake kaca tapi setelah udah gede ternyata bukan ahaha

  153. 184

    Outbound said,

    Rumah kaca memang bikin lapisan ozon kita bocor gan


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: